Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau

AHMAD MAS'ARI

Abstract


Keberadaan media massa sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Seiring dengan perkembangan industri media, berbagai strategi dilakukan oleh setiap perusahaan media agar dapat bertahan dan menjawab tantangan di tengah persaingan yang semakin tajam. Surat kabar Harian Umum Haluan Riau adalah sebuah surat kabar harian lokal yang diterbitkan oleh PT. Inti Kharisma Mandiri Riau. Demi tercapainya tujuan tersebut, perusahaan harus memiliki inisiatif strategi pemasaran agar mampu meningkatkan volume penjualan. Bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi volume penjualan dalam suatu perusahaan. Rangkaian marketing mix meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi mempunyai pengaruh besar terhadap volume penjualan. Pengembangan produk dilakukan dengan cara membuat model dan desain lebih comfortable dan pemberian logo pada surat kabar Harian Umum Haluan Riau. Dalam menetapkan harga produk, PT. Haluan Riau mempertimbangkan berbagai faktor, seperti kondisi perekonomian, persaingan antar surat kabar, dan biaya yang dikeluarkan. PT. Haluan Riau melakukan pendistribusian secara langsung dan secara tidak langsung. PT. Haluan Riau juga melakukan strategi promosi dengan membuat periklanan, baik bersifat offline maupun online, personal selling, dan melakukan hubungan masyarakat dengan cara menjadi sponsor di berbagai lembaga pendidikan dan lembaga pemerintahan.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.

Munawara, Munawara. Startegi Marketing Koran Harian Amanah dalam Menghadapi Persaingan Industri Media Cetak. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

Nasriah, S. N. Surat Kabar Sebagai Media Dakwah. Jurnal Dakwah Tabligh Vol. 13, No. 2, 2012.

Selang, C. A. Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 1, No. 3, 2013.

Suharyanto, A. Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik:Public Administration Journal Vol. 6, No. 2, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri



                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by: