Perancangan Ulang Website Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Memperhatikan Aspek Usabilitas Menggunakan Metode Waterfall

angga gustiandi

Abstract


Dalam era teknologi saat ini, informasi harus bisa dengan cepat didapatkan dengan cara yang efisien. Jika pencarian informasi yang dibutuhkan, seperti informasi akademik maupun non akademik pada suatu Jurusan di sebuah Perguruan Tinggi dilakukan dengan cara klasik melalui kertas, maka cara ini tidak akan cukup efisien. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan untuk menjamin tercapainya mutu Perguruan Tinggi yang baik, saat ini sistem informasi berbasis website merupakan sarana yang mendasar dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna bagi suatu Prodi di sebuah Perguruan Tinggi. Website Program Studi Teknik Industri dirancang dengan fitur-fitur yang bervariasi dan memperhatikan tingkat usabilitas pada website tersebut. Pada hasil rancangan website, diusulkan SOP pemeliharaan agar website yang dihasilkan dapat diakses secara berkelanjutan dan dapat memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan. Website dirancang menggunakan model waterfall, yang mana model ini digunakan untuk merancang sebuah sistem secara bertahap. Proses pengumpulan data dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan kebutuhan-kebutuhan pengguna dan dari kebutuhan tersebut akan diimplementasikan kedalam website. Pengujian tingkat usabilitas website  menggunakan kuesioner WEBUSE mendapatkan level usabilitas dengan rincian kategori Content, Organization, and Readability bernilai 0.7488 , Navigation and Link bernilai 0.7476 , Desain User Interface bernilai 0.7512 dan Performance and Effectiveness bernilai 0.7381. Berdasarkan level usabilitas yang didapatkan, website yang dihasilkan dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan suatu informasi yang diinginkan.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bassil, Y. A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology (IJET) Vol. 2, No. 5, ISSN: 2049-3444, 2012.

Chiew, T.K., dan Salim, S.S. WEBUSE: Website Usability Evaluation Tool. Malaysian Journal of Computer Science Vol. 16, No. 1, 47-57, 2003.

Hendini, A. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika Vol. IV, No. 2, 2016.

Ichsani, Y. Evaluasi Performa Usability Situs-situs Web Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang Terakreditasi “A” Tahun 2013 Serta Perbandingan Kondisi Situs Web Tahun 2014 dan 2017. Jurnal Teknik Informatika Vol. 10, No. 2, 2017.

Lasminiasih., Sandhi, P., Akbar, A., Andriansyah, M., dan Utomo, R.B. Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi (JSI) Vol. 8, No. 1, ISSN: 2085-1588, 2016.

Nielsen, J. Usability 101: Introduction to Usability. ISSN: 1548-5552, 2003.

Masadeh, M.A. Focus Group: Review and Practices. International Journal of Applied Science and Technology Vol. 2, No. 10, 2012.

Rachmi, A., Susanto, T.D., dan Herdiyanti, A. Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan. Jurnal Teknik POMITS Vol. 3, No. 2, ISSN: 2337-3539, 2014.

Rubin, J., dan Chisnell, D. 2008. Handbook of Usability Testing, How to Plan, Design, and Conduct Effective Test. Indianapolis: Wiley Publishing.

Wirandoko, G. Perancangan Ulang User Interface E-Pustaka Teknik Industri UNS Berdasarkan Aspek Usabilitas Menggunakan Metode Focus Group Discussion, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2009.

Yumarlin, M.Z. Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Informasi Interaktif Vol. 1, No. 1, ISSN: 2527-5240, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v4i2.6452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 angga gustiandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.