Analisa Beban Kerja Fisik Operator pada Stasiun Packing melalui Pendekatan Work Sampling

Harpito Jasri

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT. P&P Bangkinang yang bertujuan untuk mengetahui waktu baku serta menentukan jumlah operator pada stasiun packing. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengamatan pendahuluan kemudian dilanjutkan dengan penentuan jumlah pengamatan, pengamatan sampling kerja, mengumpulkan data, melakukan pengolahan data, menganalisa hasil pengolahan data dan terakhir menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode work sampling. Metode tersebut dilakukan dengan cara mengamati aktivitas operator dalam menyelesaikan pekerjaannyayang kemudian digunakan untukmenentukan jumlah operator yang dibutuhkan. Hasil akhir yang diperoleh bahwa waktu baku untuk operator (1) 7,9 menit dan operator (2) 9,2 menit. Untuk kondisi awal beban kerja yang diterima oleh operator sebesar BK > 1 (1,3), yang dikategorikan kondisi berat, tetapi setelah dilakukan penelitian dengan mengusulkan penambahan 1 orang operator, maka beban kerja yang diterima sebesar BK < 1 (0,86) yang dikategorikan ringan.


Full Text:

PDF

References


Ferdian, Andrico. Studi Penerapan Beban Kerja yang Optimal dan di Evaluasi Dengan Metoda ECPM dan ECPT serta Strain Physiology pada Proses Produksi di CV. Aneka Jaya Gypsum Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara Medan,

Izzhati, Dwi Nurul dan Dhieka Anendra. Implementasi Metode Work Sampling Guna Mengukur Produktivitas Tenaga Kerja di CV. Sinar Krom Semarang. Seminar, Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. 2012.

Munandar, Duwar dkk. Usulan Perhitungan Insentif Karyawan CV. Miracle Berdasarkan Jumlah Produks.Jurnal OnlineInstitut Teknologi Nasional. Vol. 1, No. 1, halaman 226-237, Juli 2013.

Pracinasari, Ira. Beban Kerja Fisik vs Beban Kerja Mental. Laporan Penelitian.Hiperkes dan Keselamatan Kerja.Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2013.

Sutalaksana, Iftikar Z, dkk. “Teknik Tata Cara Kerja”Penerbit Institut Teknologi Bandung, Bandung. 1979.

Trisnawati. Usulan Pengurangan Biaya Tenaga Kerja Produksi dengan Pemilihan Sistem Kerja atau Penambahan Tenaga Kerja di PD. Maxshoi Helmet. Skripsi. Universitas Bina Nusantara, Jakarta. 2007.

Widyanti, A. dkk. Pengukuran Beban Kerja Mental dalam Searching Task dengan Metode Rating Scale Mental Effort (RSME). Jurnal J@TI Undip. Vol. 5, No. 1, halaman 1-6 I, Januari 2010.

Wignjosoebroto, Sritomo. “Ergonomi Studi Gerak dan Waktu” Edisi Pertama Cetakan ke Empat, Penerbit Guna Widya, Surabaya. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i1.6429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Harpito Jasri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.