Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode Work Sampling

Dewi Diniaty

Abstract


Didalam sebuah perusahaan, untuk menghasilkan output yang baik maka para pekerja harus dalam keadaan normal sehingga tidak ada beban kerja yang terjadi. Di dalam mengurangi beban kerja dapat di cari solusinya dengan melaksanakan suatu analisis yaitu dengan menggunakan metode Work Sampling. Metode sampling adalah suatu teknik untuk mengadakan sejumlah pengamatan terhadap aktivitas kerja dari pekerja/operator. Metode sampling  dalam pengamatan suatu objek tidak perlu dilaksanakan secara mnyeluruh melainkan cukup dilakukan dengan menggunakan contoh (sampel) yang diambil secara acak bedasarkan tabel acak. Pada pengumpulan data didapatkan data dari pembuatan bak lumpur di PT. Bormindo Nusantara yang berada di jalan Lintas Dumai KM 6 Mandau Duri Profinsi Riau sebanyak 198 data produktif dan non produktif. Data yang di ambil yaitu data Produktif dan data Non produktif. Data produkti yaitu mengambil alat dan bahan yang akan digunakan, memotong, mengelas, membor, merakit, mencat bak. Sedangkan data Non produktif yaitu merokok, ke toilet, menelpon, makan snack, ngobrol, minum. Data ini di uji dengan menggunakan uji keseragaman data dan uji kecukupan data serta dengan melakukan perhitungan waktu baku, waktu siklus, waktu normal dan waktu beban kerja. Berdasarkan perhitungan beban kerja tersebut, beban kerja yang dialami pekerja adalah tinggi dan sangat dibutuhkan perbaikan sistem kerja bagi operator di PT. Bormindo Nusantara.

Kata Kunci: work sampling, Produktifitas, Beban Kerja.


Full Text:

PDF

References


Andi, Koento Danny Wibowo. Jurnal Analisa Produktifitas Pekerja Dengan Metode Work Sampling, Jurnal Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Vol. 7, No. 1, 2005.

Eko, Nurmianto. “Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya” Edisi Kedua. Cetakan ketiga. Penerbit Guna Widya, Surabaya. 1979.

Heiland, R. E., and Wallace, J. R., Work Sampling. New York: McGraw-Hill Book Co., 1957.

Kiayi,Syamsir Djafar. Jurnal Analisis Perancangan Waktu Kerja Dengan Menggunakan Metode Work Samplig, Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Vol. 7, No. 1, 2010.

Prasetya, A., 2004. Analisis Produktifitas Pekerja dengan menggunakan Metode Work Sampling. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Rizani, N. C. Jurnal Perbandingan Pengukuran Waktu Baku dengan Metode Stopwatch Time Study Dan Metode Work Sampling Pada Departemen Hand Insert . Jakarta : Universitas Trisakti. Vol. 7, No. 1, 2011.

Prabowo, R. E. Jurnal Pengukuran Beban Kerja Pada Bagian Produksi Seperator Berdasarkan Metode Work Sampling (WS). Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Vol. 3, No. 2, 2010.

Sutalaksana. “Teknik Tata Cara Kerja” Edisi Pertama. Cetakan kedua. Penerbit Guna Widya, Surabaya. 1979.

Sritomo, Wignjosoebroto. “Ergonomi Studi Gerak dan Waktu” Edisi Pertama. Cetakan keempat. Penerbit Guna Widya, Surabaya. 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v1i2.6325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Diniaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.