Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketersediaan Bahan Pangan dalam Pengambilan Kebijakan dan Keputusan BKP Provinsi Riau

misra hartati hartati

Abstract


Saat ini, ketersediaan bahan pangan Provinsi Riau sangat terancam. Hal ini dikarenakan adanya kekurangan bahan pangan yang menyebabkan kebutuhan pangan masyarakan belum dapat terpenuhi, terutama bahan pangan jagung. Oleh karena itu, pihak BKP Provinsi Riau harus mencari cara untuk meningkatkan ketersediaan bahan pangan jagung demi mensejahterakan masyarakatnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka harus diketahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketersediaan bahan pangan jagung. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan bahan pangan jagung di Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan data yang berkaitan dengan ketersediaan jagung Provinsi Riau dari tahun 2005-2015. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ketersediaan jagung di Provinsi Riau secara serentak (Uji F) dipengaruhi oleh luas panen, harga domestik, jumlah penduduk dan tenaga kerja. Secara parsial (Uji T) dipengaruhi oleh luas panen dan jumlah penduduk, sedangkan harga domestik dan jumlah tenaga kerja tidak mempengaruhi ketersediaan jagung. Kemudian dilakukan analisa FTA (Fault Tree Analysis) untuk mendapatkan kebijakan yang tepat untuk BKP Provinsi Riau. Kebijakan yang dapat dilakukan yaitu kebijakan pemberian subsidi benih untuk petani dan kebijakan evaluasi kinerja pegawai dalam pendistribusian benih subsidi. Oleh karena itu, dengan adanya kebijakan ini diharapkan pemerintah dapat mengimplementasikannya agar ketersediaan bahan pangan jagung Provinsi Riau terpenuhi.


Full Text:

PDF

References


Avianda, Dea. Strategi Peningkatan Produktivitas Di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal Online Institut Teknologi Jurusan Teknik Industri Itenas No.04 Vol. 01 ISSN: 2338-5081. Bandung. 2014.

Atmaja, Lukas Setia. Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. CV Andi OFFSET. Yogyakarta. 2009.

Budialim, G. Pengaruh kinerja Keuangan Dan Risiko Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Consumer Goods Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1. 2013.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi 3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. 2006.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. 2013.

Mona, Margaretha G, Kekenusa, John S, dan Prang, Jantje D.Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Jurnal Ilmiah JdC, Vol. 4, No. 2, September 2015.Manado. 2015.

Pasaribu, Rowland B. F. Ketahanan Pangan Nasional. Gunadarma Publishing. Jakarta. 2013.

Prabowo, Rossi. Kebijakan Pemerintah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim Mediagro 62 Vol 6. No 2. Semarang. 2010.

Reddy, P.Ramesh. A Multiple Linear Regression Approach for the Analysis of Stress Factors of Faculty in Higher Educational Institutions. International Journal of Mathematics And its Applications Volume 3, ISSN: 2347-1557. India. 2015.

Rizqiansyah, Rizal. Pemodelan Dan Simulasi Berbasis Agen Untuk Sistem Ketahanan Pangan Pokok Beras Di Jawa Barat. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Jurusan Teknik Industri ISSN: 2338-5081 No.04 Vol.02. Bandung. 2014.

Sarwono. 12 Jurus Ampuh SPSS untuk Riset Skripsi. Elexmedia Komputindo Kompas Gramedia. Jakarta. 2013.

Suliyanto. Ekonometrika Terapan. CV Andi OFFSET. Yogyakarta. 2011.

Susilowati, Heni. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Srandakan Bantul. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. 2014.

Tambunan, Tulus. Ketahanan Pangan Di Indonesia Inti Permasalahan Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pusat Studi Industri Dan UKM, Universitas Trisakti Kadin Indonesia. Jakarta. 2008.

Usman, Husaini. Pengantar Statistika Edisi Kedua. PT. Bumi Aksara. Jakarta. 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v3i1.5560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 misra hartati hartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.