Analisa Lingkungan Kerja dan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja Menggunakan Metode 5S (Studi Kasus : PT. Gemilang Artha Prima Lestari Rimbo Panjang, Kampar)

Muhammad Nur

Abstract


PT. Gemilang Artha Prima Lestari merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan daur ulang (Recycle) limbah ban bekas menjadi lembaran karet.Lingkungan kerja Pada perusahaan ini begitu kotor, tidak tertur dan tidak tertata sehingga kondisi ini juga berdampak kepada angka kecelakaan kerja.5S merupakan metode penataan lingkungan kerja yang berasal dari Jepang. 5S ini merupakan singkatan dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke yang secara bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Selain dengan metode 5S analisis permasalahan juga dilakukan dengan menggunakan metode Program Kesekamatan dan Kesehatan Kerja (K3).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi awal lantai produksi PT. Gemilang Artha Prima Lestari tidak sesuai dengan kriteria yang tercantum pada metode 5S dan usulan perbaikan yang di usulkan berdasarkan berdasarkan hasil perbandingan metode 5S dengan kondisi aktual program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada lantai produksi PT. Gemilang Artha Prima Lestari untuk metode Seiri menyisihkan peralatan kerja ketika proses produksi berlangsung, serta menyingkirkan tumpukan-tumpukan besi dan kayu yang tidak diperlukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja, Metode Seiton meletakkan alat pembersihan pada satu tempat yang tetap, dan menyediakan tempat penyimpanannya, metode Seiso membersihkan butiran karet yang berterbaran dan menyediakan tempat sampah untuk butiran karet, metode Seiketsu melakukan perawatan secara berkala dan membuatkan perancangan display peringatan, dan untuk metode Shitsuke menerapkan sistem kaizen (perbaikan secara terus-menerus), penanaman jiwa kedisiplinan pada pekerja, pembuatan tabel ceklist, pemberian reward (penghargaan).

Full Text:

PDF

References


Agustin, Nina dan Purnomo Hari. Implementasi 5S pada CV. Valasindo menggunakan Pendekatan Ergonomi Partisipatori. Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, .2013.

Fakhri, A. F.Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Grahpy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk MenggunakanAlat Bantu Statistik. Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi, Semarang, 2010.

Kurniawan, H.S. Studi Deskriptif Manajemen Kualitas dengan Metode 5S di Gudang Hypermarket X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No.2 (2013). Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Surabaya. 2013.

Muchtiar, Yesmizarti dan Noviyarsi. Implementasi Metode 5S Pada Lean Six Sigma dalam Proses Pembuatan Mur Baut Versing (Studi Kasus Di Cv. Desra Teknik Padang).Jurnal Teknik Industri Vol.9, No. 1, Juni 2007: 63-74. Teknik Industri Universitas Bung Hatta, Padang . 2007.

Murbijanto, Reinhard Efraim. Analisis Pengaruh Kompetensi Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi). Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang. 2013.

Rimawan, Eri dan Sutowo Eko. Analisa Penerapan 5S+Safety Pada Area warehouse di PT. Multifilling Mitra Indonesia.Jurnal Ilmiah PASTI Volume VI Edisi 1- ISSN 2085-5869. Teknik Industri Universitas Mercubuana, Jakarta. 2015.

Risma, A. Simanjuntak dan Hemita Dian. UsulanPerbaikan Metode Kerja Berdasarkan Micromotion Study dan Penerapan Metode 5S untuk Meningkatkan Produktifitas.Jurnal Teknologi, Volume 1 Nomor 2, Desember 2008, 191-203. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, Yogyakarta. 2009.

Siska, Merry dan Henriadi.Perancangan Fasilitas Pabrik Tahu untuk Meminimalisasi Material Handling.Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No.2, Agustus 2012: 133-141. Pekanbaru: Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim, Riau. 2012.

Suma’mur. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Penerbit: CV. Haji Massagung, Jakarta. 1981.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.