Analisis Kecacatan Produk Tiang Listrik Beton Menggunakan Metode Seven Tools dan New Seven Tools (Studi Kasus: PT. Kunango Jantan)

Dewi Diniaty

Abstract


PT. Kunango Jantan merupakan sebuah industri yang memproduksi Tiang Listrik Beton dan telah mendistribusikan hasil produksinya ke seluruh penjuru sumatra seperti Jambi, Palembang, Medan, Padang, Aceh dan daerah lainnya. Permasalahan pada perusahaan ini yaitu masih banyak terdapat jumlah produk cacat dan gagal (reject) ketika dalam proses produksinya.Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor-faktor penyebab terjadinya produk gagal/reject dan menganalisa tindakan perbaikan yang harus dilakukan. Penulis menggunakan metode seven tools untuk mengetahui penyebab dari terjadinya produk gagal/rejectdan metode newseven toolsyang digunakan untuk melihat tindakan perbaikan yang harus dilakukan berdasarkan faktor penyebab terjadinya produk gagal/reject. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bahwa perbaikan produk reject/gagal yang diprioritaskan untuk perbaiki adalah kategori pecah dengan persentasi sebanyak 35,97 %, kategori keropos/ bolong sebesar 35,25 % dan kategori tipis sebelah sebesar 12,95 %. Adapun solusi yang diusulkan kepada pihak manajemen perusahaan adalah dengan memeriksa dan merawat mesin atau tools yang digunakan secara berkala, meningkatkan kualitas bahan baku, memperbaiki lingkungan kerja, meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) dengan melakukan pelatihan dan membuat SOP pada setiap stasiun serta unit kegiatan kerja.

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar,S,Dkk. (2013), “Analisa Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control”. Malikussaleh Industrial Engineering Journal Vol.2 No.1(2013)29-36, ISSN 2302 934X.

Darjanto, H. (2004), “Pengendalian dan Evaluasi Kualitas Beton Dengan Metode Statistical Process Control (SPC)” vol.4, No.2

Ginting,R. (2007), “Sistem Produksi” Penerbit Graha Ilmu : Bandung

Ivanto, M. (2010), “ Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada Pt. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya” Universitas Tanjungpura.

Kaban, R. (2014). “ Pengendalian Kualitas Kemasan Plastik Pouch Menggunakan Statistical Procces Control (SPC) Di Pt Incasi Raya Padang” Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Padang. ISSN 2088-4842.

Milawati,C,Dkk. (2005), “Sistem Pengendalian Kualitas dengan Bantuan Expert System untuk Menurunkan Tingkat Kecacatan Produk”. Universitas Kristen Petra :

Papilo,P.(2010),”Pengendalian Kualitas Produksidan Menurut Hukum Islam”, Penerbit Suska Press : Pekanbaru.

Parwati, Indri,C & Sakti,M,R. (2012), “Pengendalian Produk Cacat dengan Pendekatan Kaizen dan Analisis Masalah dengan Seven Tools”, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III Yogyakarta.

Purnomo,E. (2006), “Pengaruh Quality Control Terhadap Tingkat Kerusakan Produk pada PT.Filma Utama Soap Surabaya”. Administrasi Bisnis FISIP-UPN”Veteran” : Jawa Timur

Subagio, S, A. (2010), “Tinjauan kejut beton mutu tinggi dengan penambahan silica fume, fly ash dan serat baja” Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tanjong,S. (2013), “Implmentasi Pengendalian Kualitas dengan Metode Statistik pada Pabrik Spareparts CV Victory Metallurgy Sidoarjo”. Universitas Surabaya : Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Diniaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.