Perbaikan Metode Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Operator pada Stasiun Pengemasan di CV. Mie Sohun Ichlas

Ismu Kusumanto

Abstract


Perkembangan dunia industri manufaktur dan jasa semakin meningkat pesat dari waktu ke waktu sehingga setiap pelaku industri harus siap berkompetisi dengan kompetitornya. Oleh karena itu masalah dan faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan produktivitas semakin menonjol dan perlu untuk diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di industri pembuatan mie sohun “CV. Mie Sohun Ichlas Pekanbaru”. Pada penelitian ini yang diteliti yaitu metode kerja dan layout kerja operator. kemudian dilakukan perbaikan dengan menerapkan metode 5S pada lingkungan kerja. Setelah dilakukan pengolahan data dan pembahasan terhadap data pengukuran waktu pengemasan, analisis metode 5S pada layout baik sebelum dan sesudah perbaikan, dan jumlah output standar masing-masing operator pada stasiun tersebut. Ternyata jumlah output standar pada kondisi sesudah perbaikan mengalami peningkatan dibandingkan kondisi sebelum perbaikan. Hal ini terbukti dengan indeks produktivitas yang meningkat dari sebelum perbaikan dilakukan dimana indeks produktivitas sebelum perbaikan operator stasiun pengemasan 1 dan 2 adalah sebesar 94,1% dan 92,6%, sedangkan indeks produktivitas layout kerja sesudah perbaikan masing-masing operator stasiun pengemasan 1 dan 2 adalah sebesar 104,5% dan 100,9%. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa metode 5S dan micromotion study telah membawa efek yang baik bagi perbaikan metode kerja dengan menghilangkan gerakan kerja yang tidak efektif dan menata lingkungan kerja agar lebih tertata rapi dan bersih sehingga produktivitas kerja operator dapat meningkat.

Full Text:

PDF

References


Imai, M. “Gemba Kaizen: Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada Manajemen”. Penerjemah: Kristianto Jahja. Cetakan Kedua. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo. 1998.

Jamaluddin, E. Perbedaan Lama Waktu Pencarian Peralatan Tangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan Metode 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) Pada Bengkel Umum Sepeda Motor Di Kecamatan Ungaran Barat. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. 2014.

Osada, T. “Sikap Kerja 5S: Seiri Pemilahan, Seiton Penataan, Seiso Pembersihan, Seiketsu Pemantapan, Shitsuke Pembiasaan”. Penerjemah: Dra. Mariani Gandamihardja. Cetakan Keempat. Jakarta: Penerbit PPM. 2002.

Putri, D. I. Analisis Penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) Di Bengkel Utama PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim. Manuskrip Skripsi: Universitas Sriwijaya Palembang. 2014.

Sutalaksana, I.,Z., Anggawisastra, R., dan Tjakraatmadja, J.,H. “Teknik Tata Cara Kerja”. Bandung: Penerbit Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung. 1979.

Wignjosoebroto, S. “Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja”. Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Surabaya: Penerbit Guna Widya. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ismu Kusumanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 WA admin : +62 812-9167-0899

Indexed by:

      

      

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.