Aplikasi Value Engineering pada Proyek Konstruksi Perumahan Arima Cluster Rumah Tipe 75/160 PT. Arima Karya Properti

Ekie Gilang Permata

Abstract


PT. Arima Karya Properti adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembangunan perumahan yang beralamat di Jl. HR. Soebrantas km.13, Pekanbaru. Pada PT. Arima Karya Properti khususnya pada perumahan Arima Cluster tipe 75/160 mengalami kendala dalam penjualannya yang disebabkan oleh harga jual yang terlalu mahal yang dipengaruhi oleh biaya RAB yang tinggi. Terhitung sejak Mei 2013 hingga September 2015 perumahan ini hanya mampu menjual 4 unit rumah dari 13 unit rumah yang ditawarkan dengan harga Rp. 522.888.000. Tujuan dari penelitian ini membandingkan alternatif-alternatif material yang diusulkan untuk menurunkan harga penjualan setelah dilakukan rekayasa nilai serta mencari (value) perumahan Arima Cluster tipe 75/160. Penelitian ini menggunakan metode Value Engineering. Metode ini akan menganalisis kembali mengenai penggunaan material dalam Rincian Anggaran Biaya (RAB). Sehingga akan ditemukan material biaya terendah sesuai dengan ide-ide yang diberikan. Terdapat 4 tahapan dalam Value Engineering, dari tahap tersebut didapat 5 item pekerjaan yang berbiaya tinggi yaitu pekerjaan pondasi dan beton struktur penghematan yang didapat adalah Rp. 4.255.338, dinding dan plasteran penghematan yang didapat Rp. 1.255.883, pengecatan penghematan yang didapat Rp. 4.206.156, lantai dan keramik penghematan yang didapat Rp. 9.152.063, penutup atap penghematan yang didapat sebesar Rp.5.375.249. Total penghematan dari penerapan Rekayasa Nilai pada proyek pembangunan rumah Arima Cluster tipe 75/160 adalah sebesar Rp.24.244.689.

Full Text:

PDF

References


Andra, Febriyanto dkk. “Studi Kelayakan Finansial Proyek Perumahan Griya Mapan di Kabupaten Sumenep”. Jurnal Jurusan Sipil Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang. 2014.

Arifudin, Riza. “Optimasi Penjadwalan Proyek Dengan Penyeimbangan Biaya Menggunakan Kombinasi Cpm dan Algoritma Genetika”. Jurnal Jurusan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang. 2013.

Dewi, Maisarah T. “Tanggung Jawab Pemerintah Daerah Kota Samarinda Dalam Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman”. Jurnal Perumahan dan Kawas Pemukiman . Rajawali Pers, Jakarta. 2011.

Hansen, Seng. Manajemen Kontrak Konstruksi (Pedoman Praktis Dalam Mengelola Proyek Konstruksi). Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2015.

Hidayat, A.N dan Ardianto D. “Rekayasa Nilai Pembangunan Gedung Rusunawa Amabarawa (Value Engineering Construction Of Ambarawa’s RUSUNAWA Building)”. Universitas Diponegoro. 2011.

Husen, Abrar. “Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian Proyek”. Serpong, Yogyakarta. 2009.

Pontoh, Magdalena M. Dkk. “Aplikasi Rekayasa Nilai Pada Proyek Konstruksi Perumahan (Studi Kasus Perumahan Taman Sari Metropolitan Mnado pt. Wika realty)”. Jurnal Jurusan Sipil, Universitas Sam Ratulangi. 2013.

Pratiwi Nur Asty, “Analisa Value Engineering Pada Proyek Gedung Riset dan Museum Energi dan Mineral Institut Teknologi Bandung”. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya. 2014.

Priyanto, Herry. “Pengoptimalan Penerapan Value Engineering Pada Tahap Desain Bangunan Gedung Di Indonesia”. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Indonesia. 2010.

Priyo Mandiyo dan Hermawan, Totok D. “Aplikasi Value Engineering pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung BPKP Yogyakarta)”. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika. Yogyakarta. 2010.

Retno Dyah dan Dyah Herny. “Penerapan Studi Rekayasa Nilai Pada Perencanaan Struktur Atap Gedung Serba Guna Universitas Muhammadiyah Malang”. Jurnal Jurusan Teknik Industri Fak. Tekrik Universitas Muhammadiah Malang. 2002.

Rompas, Asrini N dkk. “Penerapan Value Engineering Pada Proyek Pembangunan Ruko Orlens Fashion Manad”. Jurnal Jurusan Sipil, Universitas Sam Ratulangi. 2013.

Rumintang, Anna. “Analisa Rekayasa Nilai Pekerjaan Struktur Gedung Teknik Informatika U P N “Veteran”Jatim”. Jurnal Teknik Sipil, UPN ”Veteran” Jawa Timur. 2008.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R& D. ALFABETA, Bandung. 2013.

Suharto, Iman. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional) Jilid 1 Edisi Kedua. Ciracas. Jakarta. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ekie Gilang Permata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.