Perancang Ulang Tata Letak Pabrik dengan Membandingkan Metode Grafik dan Computerized Relative Allocation of Facilities Technique (Craft) untuk Meminimasi Ongkos Material Handling di PT. Perindustrian dan Perdagangan Bangkinang

Ekie Gilang Permata

Abstract


Tata letak yang baik adalah tata letak yang dapat menangani sistem material handling secara menyeluruh. Sistem material handling yang kurang sistematis menjadi masalah yang cukup besar dan dapat menggangu kelancaran proses produksi. Selain itu juga dapat menyebakan peningkatan biaya yang dikeluarkan dalam perpindahan bahan. PT. Perindustrian dan Perdagangan Bangkinang mengalami permasalahan dalam hal penempatan departemen yang saling berkaitan dalam aliran produksi, yaitu jarak yang terlalu jauh dari satu departemen ke departemen lain, sehingga mengakibatkan besarnya biaya yang dikeluarkan. Perancangan ulang tata letak fasilitas pabrik di PT. Perindustrian dan Perdagangan Bangkinang menggunakan dua metode yaitu metode Grafik dan CRAFT. Tata letak alternatif yang dihasilkan oleh metode grafik dan CRAFT mendapatkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan tata letak yang telah diterapkan oleh perusahaan pada saat ini,. Alternatif layout metode grafik merupakan layout usulan yang terpilih karena berdasarkan perhitungan Total jarak, momen perpindahan, dan ongkos material handling (OMH) memiliki nilai terkecil. Jika dibandingkan dengan tata letak sekarang, metode grafik mengurangi ongkos material handling sebesar Rp. 111.022,5,- atau sebesar 40,94%.

Full Text:

PDF

References


Apple, J., 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan; edisi ke-3, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Budi, S.E., Mulyono, J., Dewi, D.R.S., 2014. Usulan Perbaikan Tata Letak Pabrik Di PT. A Dengan Metode Graph Theoretic Approach: Jurnal Ilmiah Widya Teknik, 13 (01), 1412-7350.

Hadiguna, R.A., dan Setiawan, H., 2008. Tata Letak Pabrik; Andi, Yogyakarta.

Kristinawati, E., 2000. Perancangan Tata Letak Mesin Dengan Menggunakan Konsep Group Technology Sebagai Upaya Meminimasi Jarak dan Biaya Material Handling: Jurnal Optimum, 01 (01), 71-79.

Ningtyas, Agnes Novita., Choiri, M., dan Azlia, W., 2015. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Metode Grafik dan CRAFT untuk Meminimasi Ongkos Material Handling: Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri , Vol. 3 No. 3.

Noviyarsi., Setiawati, L., dan Sandra, D., 2014. Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Mesin Thresser Untuk Meminimasi Ongkos Material Handling: Jurnal Teknik Industri, Padang.

Pramono, M., dan Widyadana, G.A., 2015. Perbaikan Tata Letak Fasilitas Departemen Sheet Metal 1 PT. MCP: Jurnal Titra, 03 (02), 347-352.

Purnomo, H., 2004. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas; Graha Ilmu, Yogyakarta.

Susetyo, J., Simanjuntak, R.A., dan Ramos, J.M., 2010. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Pendekatan Group Technology dan Algoritma Blocplan untuk Meminimasi Ongkos Material Handling: Jurnal Teknologi, 03 (01), 75-84.

Wahyuni, R.S., dan Safitri, A.A., 2014. Metode Craft Berbantuan Perangkat Lunak WinQsb Untuk Ususlan Perbaikan Tata Letak Fasilitas V2.0 Pada Industri Dompet CV. X: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 19 (03).

Wignjosoebroto, S., 2009. Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan; edisi ke-3, Guna Widya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ekie Gilang Permata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.