Analisa Penjadwalan Proyek Menggunakan PDM dan Pert Serta Crash Project (Studi kasus: Pembangunan Gedung Main Power House PT. Adhi Karya)

Suherman Suherman

Abstract


Pengendalian proyek diperlukan untuk memastikan bahwa pekerjaan yang akan dilaksanakan sesuai dengan waktu, biaya dan mutu yang terdapat didalam dokumen kontrak. Metode yang digunakan yaitu metode Precedence Diagram Method (PDM), Program Evaluation Review Technique (PERT) dan Crash Project. Penelitian dilakukan pada pekerjaan pembangunan gedung main power house (MPH) yang dilaksanakan oleh PT. Adhi Karya. Dari hasil penelitian didapat jalur kritis pada proyek adalah kegiatan A-C-E-F-G-H-I-J-K-L dengan probabilitas penyelesaian proyek selama 110 hari (dengan pendekatan PDM) adalah 52%. Sedangkan biaya optimal proyek adalah sebesar Rp 1.168.150.740,68 dengan percepatan durasi kegiatan finishing sebanyak 5 hari.

Full Text:

PDF

References


Abisetyo. W. 2010. Penerapan Penjadwalan Probabilistik pada Proyek Pengembangan Gedung Fsaintek Unair. Jurnal.

Amani. W., Helmi., Beni. I. 2012. Perbandingan Aplikasi CPM, PDM, dan Teknik Bar Chart- Kurva S pada Optimalisasi Penjadwalan Proyek. Jurnal.

Arianto, A. 2010. Eksplorasi Metode Bar Chart, CPM, PDM, PERT, Line of Balance dan Time of Chainage Diagram dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi. Tesis.

Arta. I. M. J. A. 2010. Analisa Optimasi Biaya dan Waktu Pada Proyek Lanjutan Tahap III Pembangunan Gedung Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) ITS. Jurnal.

Christian., Cefiro., Sentosa. 2013. Studi Kasus Penerapan Metode Pert Pada Proyek Gudang X. Jurnal.

Dannyanti, E. 2011. Optimalisasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode PERT dan CPM. Jurnal.

Frederika. A. 2010. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Super Villa, Peti Tenget-Badung). Jurnal.

Gumilang. 2014. Metode PERT-CPM untuk Optimalisasi Penjadwalan Proyek (Studi Kasus Pembangunan Rusunawa Karangroto Semarang). Jurnal.

Gray. C. F dan Erik. W. L. 2007. Manajemen Proyek. Yogyakarta. Andi.

Lumbabatu. J. K., Syahrialz. 2013. Analisis Percepatan Waktu Proyek dengan Tambahan Biaya Yang Optimum (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Sekolah Yayasan Pelita Bangsa di Jl. Iskandar Muda Medan, Sumatera Utara). Jurnal.

Malingkas. G.Y ., Tisano. T. J. A, Huibert. T. 2013. Menganalisis Sensitivitas Keterlambatan Durasi Proyek Dengan Metode CPM (Studi Kasus: Perumahan Puri Kelapa Gading). Jurnal.

Raharja. I. 2014. Analisa Penjadwalan Proyek Dengan Metode PERT di PT. Hasana Damai Putra Yogyakarta pada Proyek Perumahan Tirta Sani. Jurnal.

Sahid. D.S.S. 2012. Implementasi Critical Path Method dan PERT Analysis pada Proyek Global Technology for Local Community. Jurnal.

Sasmoko. D. 2013. Penerapan Teknologi XML Web Service Perusahaan Manufaktur untuk Mengukur Waktu Kerja Menggunakan Metode CPM. Jurnal.

Somantri. A. 2005. Studi Tentang Perencanaan Waktu dan Biaya Proyek Penambahan Ruang Kelas di Politeknik Manufaktur pada PT Haryang Kuning. Jurnal.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i1.5061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suherman Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.