Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat atau Pasien di RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Potential Gain in Customer Value

Dewi Diniaty

Abstract


RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak merupakan satu-satu nya rumah sakit yang ada di Kabupaten Siak. Karena keterbatasan rumah sakit di Kabupaten Siak maka banyak masyarakat yang berobat di RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Namun setelah masyarakat berobat di RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak, terdapat beberapa keluhan masyarakat tentang pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kepentingan (Importance) dan kepuasan (Satisfaction) pasien terhadap kinerja (Performance) kualitas pelayanan RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak dan menganalisis atribut-atribut yang menjadi prioritas perbaikan layanan berdasarkan metode Potential Gain in Customer Value (PGCV) dalam meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa terdapat enam urutan prioritas perbaikan kualitas yang harus dilakukan oleh RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak berdasarkan metode IPA dan PGCV yaitu ruangan di rumah sakit memiliki peralatan yang lengkap, dokter memberikan waktu pelayanan yang cukup memuaskan pasien, rumah sakit memiliki papan petunjuk yang jelas, WC Rumah sakit bersih, rumah sakit memiliki ruang tunggu yang nyaman, serta tenaga medis dan petugas lainnya membantu jika ada permasalahan pasien.

Full Text:

PDF

References


Mulyono, B. H., Yoestini, Nugraheni, R., dan Kamal, M. Analsis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol.4 No.2 Halaman 92-100. Semarang : 2007.

Nugraha, R., Harsono, A., dan Adianto, H. Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel X berdasarkan Matrix Importance Performance Analysis (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional (Itenas). Vol.01 N0.03 ISSN:2338-5081. Bandung : 2014.

Purwanti, N. D., Sugiono, dan Hardiningtyas, D. Analisis Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Jurusan Teknik Industri, Universitas Brawijaya. Vol. 3 No. 2. Malang : 2015.

Ramadhani, A. F., Harsono, A., dan Adianto, H. Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Rumah Sakit Ibu dan Anak dengan Menggunkan Metode Potential Gain in Customer Value. Jurnal Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional (Itenas). Vol.01 No.04 ISSN:2338-5081. Bandung : 2014.

Saragih, R., Lubis, A.N., dan Sutatniningsih, R. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM USU, Medan : 2013.

Siregar, S., F. Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan dengan Metode Index Potential Gain In Customer Value (PGCV) di PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Medan. Jurnal Staf Pengajar Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik USU, Volume 7 No.4. Medan : 2006.

Tjiptono, F dan Diana, A. Total Quality Management. Edisi Revisi, ANDY. Yogyakarta : 2003.

Umar, H. Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta : 2002.

Wijaya, T. Manajemen Kualitas Jasa. Permata Putri Media Jl. Topas Raya C2 No.16 Kembangan, Jakarta Barat : 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i1.5048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Diniaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.