KONDISI SOSIO-HISTORIS DIBALIK TEKS PENGHARAMAN RIBA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEGAWAI BANK KONVENSIONAL

DULSUKMI KASIM KASIM

Abstract


Tulisan ini berupaya menyingkap kondisi sosio historis dibalik hadirnya teks-teks riba  dalam   Al-Qur’an  dan  Sunnah  serta  implikasinya  terhadap  pegawai  Bank Konvensional. Berdasar perspektif sabab nuzu>l ayat-ayat riba ternyata pelaku utama praktek ribawi pra dan pasca Islam  adalah kaum Yahudi. Setelah ayat 275 turun, umat  Yahudi  yang  sudah  beriman  menarik  pokok  harta  dan  meninggalkan  sisa ribanya.  Aktornya  adalah  empat  bersaudara  dari  Bani  Tsaqif   yakni  Mas’ud, Abdiyalail, Habib, dan Rabi’ah. Keempatnya kemudian menuntut  pokok hartanya saja  pada Bani  Mugirah.  Tapi  Bani  Mugirah  mengeluh  dan  meminta  dispensasi tambahan waktu  sampai dapat  kelapangan. Karena keempatnya  enggan memberi tunda, turunlah ayat 280 agar mereka mau memberi tunda. Bila habis masa tunda dan mereka tetap  kesulitan,  ayat  280 meminta  mereka merelakan saja utang  itu sebagai sedekah. Dalam perspektif sabab wuru>d,  konteks yang  disentuh oleh teks hadis lebih banyak riba fadhl (jual-beli) meski juga ada riwayat yang menyentuh riba nasi’ah.  Pelaku  ribanya  rata-rata  adalah  sahabat  Anshar  dan  Muhajirin.  Seperti konteks ayat di atas, setelah itu para Sahabat beraubat. Bila konteks tersebut dipakai melihat  aktifitas  perbankan  modern  sebenarnya  bank  dapat  dioperasikan  tanpa menggantungkan  diri  pada bunga.  Bukankah  empat  bersaudara  dari  Bani  Tsaqif yakni Mas’ud, Abdiyalail, Habib, dan Rabi’ah  yang  mengutangkan  uang  kepada Bani Mugirah mampu meninggalkan sisa riba mereka setelah ayat 278 dan 279 surah al-Baqarah turun? Bahkan, umat Yahudi yang sudah beriman pun segera menarik pokok  harta  dan  meninggalkan  sisa  ribanya.  Mewabahnya  pendirian  bank-bank syari’ah dewasa ini menjadi bukti meyakinkan tentang bisanya dilakukan pemisahan antara bunga dan bank.  Implikasi lainnya adalah memberi waktu dan kesempatan pada para pegawai di bank Konvensional yang menganut sistem bunga saat ini untuk tetap bekerja di bank tersebut sambil berupaya mencari lapangan pekerjaan baru atau menunggu  adanya  mutasi  atau  pembukaan  aplikasi  syariah  oleh  bank  tersebut merupakan  isyarat  hukum  yang  dapat  diambil  dari  pendekatan  historis  tersebut dengan tetap taat pada prinsip hukum Islam yaitu kondisi darurat ditetapkan sesuai kadarnya.

 

 


Keywords


Bank Konvensional; Kondisi Sosio Historis; Teks Riba.

Full Text:

PDF

References


Muhammad Ra’fat Sa’id, Asbab Wurud al-Hadits; Tahlil wa Ta’si, (Mesir: Dar Akhbar al-Yaum, 1994), h. 102-103.

Majduddin Muhammad bin Ya’qub al-Fairuz Abadiy, al-Qamus al-Muhit (Beirut: Dar al-Fikr, 1999), h. 1158 dan 1099.

Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin Zakariya, Mu’jam Maqayis al-Lugah.

Jilid. 2, (Beirut: Dar al-Jayl, 1991), h. 483.

Ilmiy Zadah Faidhullah al-Husniy al-Maqdisiy, Fathu al-Rahman li Thalibi

Ayati al-Qur’an, (Indonesia: Maktabah Dahlan, t.th), h. 171.

http/pusatbahasa.kemdiknas.go.id “Program KBBI offline versi 1.3.” edisi.

III.

Sayyid Sabiq, Fiqhu al-Sunnah, Jilid. 3(Cet. III; Beirut: Dar al-Kitab al-

Arabiy, 1977), h. 130.

Wahbah al-Zuhailiy, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuh, Juz. 5 (Cet. IV; Damaskus: Dar al-Fikr, 1996), h. 3698.

Mahmud Manshur, al-Riba fi al-Syari’ah al-Islamiyyah wa al-Qanun, (Cairo:

Dar Harra, t.th), h. 32.

Muhammad Ali al-Shabuniy, Rawa’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkan Min al-Qur’an, Juz. 1 (Cet. I; Beirut: ‘Alam al-Kutub, 1986), h. 421.

Mohammdad Sayyed Tantawiy, al-Fiqh al-Muyassar. (Cet. I; Cairo: Dar al-

Sa’adah, 2001), h. 312

Bani Syarif maulana. Perspektif Ekonomi Islam Tentang Bunga Uang; Sebuah kajian Normatif Tentang Hutang Piutang Dalam Perbankan. Jurnal Himmah,

STAIN Palangkaraya, Vol. V, Edisi Mei-Agustus, 2004, h. 29.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemah

Dilengkapi Tajwid, (Jakarta: dharma art, 2015), h. 408.

Muhammad Abu Zahrah, Tahrim al-Riba> Tanzhim Iqtishadiy, (Saudi Arabia:

al-Dar al-Sa’udiyyah li al-Nasyr wa al-Tauzi’, t. th.), h. 18. Lihat pula, Muhammad

Ali al-Shabuniy, Rawa>’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an, h. 428.

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. 11 (Cet. I; Jakarta: Lentera Hati,

, h. 73.

Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.

(Cet. II; Cairo: Dar al-Kutub al-Misriyyah, 1964), h. 36. Lihat pula, Ibnu Katsir,

Tafsir al-Qur’an al-‘Adzhim, Juz. 6 (Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1419

H), h. 286.

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, h. 72. Lihat pula, Muhammad Abu

Zahrah, Tahrim al-Riba Tanzhim Iqtishadiy, h. 18.

Muhammad Abu Syuhbah, Bayan min Ulama al-Azhar fi Makkat al- Mukarramah li al-Radd ‘ala Muftiy Misr al-Ladziy Abaha al-Riba wa Ma’ahu Hulul li Musykilat al-Riba, (Cet. I; Cairo: Maktabat al-Sunnah, 1996), h. 89-93.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemah

Dilengkapi Tajwid, h. 103.

Dulsukmi Kasim, “Konsep Bunga Bank Dalam Fikih Islam; Studi Atas

Pemikiran Mohammad Sayyed Tantawiy.” Thesis (Makassar, PPS IAIN Alauddin,

, h. 62.

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. 2, h. 656.

Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.

, h. 202. Lihat pula, Muhammad Ali al-Shabuniy, Rawa>’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-

Ahkam Min al-Qur’an, h. 428.

Ibn Jarir al-Tabary, Tafsir al-Tabary. Juz 3, (Cet. III; Beirut: Dar al-Kutub al-

‘Ilmiyyah, 1999), h. 434.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, I’lam al-Muwaqqi’in. Juz 2, (Cet. III; Kairo: Dar al-Hadits, 1997), h. 132-136.

Mohammad Sayyed Thanthawy, Mu’amalat al-Bunuk wa Ahkamuha al-

Syar’iyyah. Cet. XIV; Kairo: Dar al-Ma’arif, 1994., h. 79.

Samiang Katu, Penalaran Ta’lili Dalam Penerapan Hukum Islam. Jurnal

Zaitun; Pascasarjana IAIN Alauddin Makassar: Vol. I, No. 1, April 2002, h.83.

Majma’ al-Lugat al-‘Arabiyyah, al-Mu’jam al-Wasit.Juz I; (Cairo: Syarikat al-I’Ianat al-Syarqiyyah), 1985, h. Lihat pula, Muhammad Sa’id Ramadan al-Butiy,

Dawabit al-Maslahah fi al-Syari’ah al-Islamiyyah. (Cet, IV; Beirut: Mu’assasat al- Risalah, 1992), h. 27.

Muhammad Abu Zahrah, Usul al-Fiqh. (Cairo: Dar al-Fikr al-‘Arabiy, t.th)h.

Wahbah Zuhaliy, Usul al-fiqh al-Islamiy. Juz I, (Damaskus: Dar al-Fikr,

, h. 646.

Salah Zaydan, Usul a-Fiqh (al-Qiyas). (Cet, II; t.tp: t.p, 1995), h. 36. Muhammad Ali al-Sayis (et.all), Tafsir Ayati al-Ahkam, Juz. 1 (Cet. II;

Beirut/Damaskus: Dar Ibnu Katsir, 1996) h. 291.

Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.

, h. 36.

Abu Abdurrahman Ahmad bin Syu’aib al-Khurasaniy al-Nasa’iy, Sunan al-

Nasa>’iy, Juz. 6 (Cet. II; Maktab al-Mathbu’at al-Islamiyyah, 1986), h. 279.

Abu Abdullah Syamsuddin al-Qurthubiy, al-Jami’ li Ahkami al-Qur’an, Juz.

, h. 37.

M. Dawam Raharjo, Ensiklopedi Al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan

Konsep-Konsep Kunci, (Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1996), h. 600.

Muhammad bin Jarir al-Thabariy, Jami al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Juz. 9 (Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risalah, 2000), h. 392.

Muhammad Ali al-Shabuniy, Rawa’i’ al-Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam Min al-Qur’an, h. 428.

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah, Vol. 2 (Cet. II; Jakarta: Lentera Hati,

, h. 214.

Wahbah al-Zuhailiy, at-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari’ah wa al- Manhaj, Juz. IV, (Cet. II; Damaskus: Dar al-Fikr al-Mu’asir, 1418 H), h. 82.

Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al-Bukhariy al-Ja’fiy, Shahih al- Bukhariy, Juz. 6, (Cet. I; Damaskus: Dar Thauq al-Najah, 1422 H.), h. 33.

Wahbah al-Zuhailiy, at-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari’ah wa al- Manhaj, Juz. 3, h. 84-85.

Muhammad bin Ismail Abu Abdullah al-Bukhariy al-Ja’fiy, Shahih al- Bukha>riy, Juz. 3, (Cet. I; Damaskus: Dar Thauq al-Najah, 1422 H.), h. 101.

Muslim bin al-Hajjaj al-Naisaburiy, al-Musnad al-Shahih “Shahih Muslim”,

Juz. 3, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabiy, t.th), h. 1211.

Ali Jum’ah Muhammad, al-Kalimu al-Tayyib; Fatawa Asriyyah, (Cet. V; Cairo: Dar al-Salam, 2013), h. 134 -135.

Yusuf al-Qardawiy, Fatawa> Mu’asirah, Jilid. 1 (Cet. VIII; Kuwait: Dar al- Qalam, 2000), h. 609-611.

http://media.isnet.org/islam/Qardhawi/Kontemporer/KerjaDiBank.html. (Diakses tanggal 27 Juli 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jhi.v20i1.8059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats