KONSEP EKONOMI ISLAM DALAM KEUNGGULAN PRODUK

Zulfahmi Nur Gustia Ningsih

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan UD. Firman yang sudah memasyarakat didaerah Pekanbaru, UD. Firman dalam memperjualbelikan produk sepeda beranekaragam yaitu seperti Wimcycle, Family, Element, United & Pacific. Keunggulan penjualan produk sepeda yang belum diketahui oleh masyarakat tentang spesifikasi dan kelebihan produk sepeda merek Wimcycle yang berada di jalan Tambusai Pekanbaru dan sekitarnya. Untuk mengetahui mengapa keunggulan penjualan produk sepeda merek Wimcycle ini tiap bulannya mengalami peningkatan dalam penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Firman dalam pelaksanaan penjualan ada dua transaksi yaitu penjualan secara grosir dan eceran. faktor-faktor keunggulan penjualan produk sepeda merek Wimcycle bisa dilihat dari kualitas bahan baku, model produk, kenyamanan produk, ketahanan produk, beranekaragam warna, jaminan & garansi yang ada pada produk tersebut, harga jual sepeda yang beranekaragam/bervariasi, tempat penjualan sepeda/distribusi dan promosi. Dalam tinjauan ekonomi Islam UD. Firman melakukan aktivitas penjualan produk baik secara grosir & eceran bisa dilihat dari produk, harga, tempat & promosi ini sudah sesuai dengan anjuran syariat Islam. Sebab UD. Firman ini menghindari adanya penipuan dalam penjualannya

Keywords


Keunggulan; Penjualan; Produk

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/hi.v16i2.2676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ FASIH Uin Suska Riau email : jurnal.hukumislam@uin-suska.ac.id

View My Stats

Creative Commons License
Hukum Islam by Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Based on a work at http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/hukumislam.

ISJD LIPI MendeleyAcademia Edu