KONSEP RUKHSAH SEBAGAI PERWUJUDAN ISLAM AKOMODATIF; KAJIAN KAIDAH HUKUM ISLAM

Zulfahmi zulfahmi

Abstract


Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya konsep rukhsah yang merupakan keringanan bagi seorang mukallaf dalam menjalankan syariat. Sebagai agama yang akomodatif, Islam sangat menjunjung prinsip dan karakternya demi mewujudkan tujuan hukum yang mulia yaitu menciptakan kemaslahatan dan menghilangkan kerusakan. Konsep rukhsah merupakan wujud Islam yang akomodatif terhadap kondisi sosial masyarakat dengan memperhatikan kesulitan yang muncul di tengah-tengah kehidupan. Sehingga ada kaidah khusus terkait konsep rukhsah yaitu al-masyaqqah tajlibu al-taysir (kesulitan membawa kemudahan). Dari kaidah pokok ini -berikut kaidah cabangnya- melahirkan konsep rukhsah atau keringanan dalam beragama dikarenakan adanya uzur.


Keywords


rukhsah;Islam Akomodatif;Kaidah Hukum Islam

References


Anshori Al-, Zakariya, (tt), Ghoyah al-Wushul Syarh Lub al-Ushul, Mesir:Darul Kutub Al-Arabiyyah Al-Kubro.

Auda, Jasser, (2015), Membumikan Hukum Islam Melalui Maqasid Syari’ah, Bandung: Mizan.

Djamil, Fathurrahman, (1997), Filsafat Hukum Islam, Logos Wacana Ilmu: Jakarta.

Hariri Al-, Ibrahim Muhammad Mahmud, (tt), Al-Madkhol ila Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah Al-Kulliyyah, Amman: Dar ‘Ammar.

Kemdikbud, KBBI Daring, diakses pada 20 September pukul 21.28.

Nasution, Syukri Albani (2013), Filsafat Hukum Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Qardhawi, Yusuf, Keluwesan dan Keluasan Syariat Islam Dalam Menghadapi Perubaha Zaman, Jakarta:Pustaka Firdaus.

Raisyuni, Ahmad, (1992), Nazariyah al-Maqasid ‘Inda Al-Imam Al-Syatibi, ttp: Darul ‘Alamiyyah.

Republika, Wapres:Pendekatan Islam Akomodatif dibutuhkan saat ini, diakses pada 20 September pukul 22.00 WIB.

Shidqi, Muhammad, (1996), Al-Wajiz fi Idlohi Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah Al-Kulliyyah, Muassasah Al-Risalah: Beirut.

Shiddieqy Ash-, Muhammad Hasbi, (2013), Falsafah Hukum Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Susanto, Edy dan Karimullah, Islam Nusantara: Islam Khas dan Akomodasi terhadap Budaya Lokal, jurnal Al-Ulum vol. 16 nomor 1, Juni 2016.

Suyuti As-, (1990), Al-Asybah wa Al-Nazhoir, ttp: Darul Kutub al-‘Ilmiyyah.

Syafi’I , Ahmad, Menggagas Hukum Islam yang Akomodatif-Transformatif dalam Konteks Legal Pluralism di Indonesia, jurnal Almanhaj, vol. 1 Nomor 1, Januari 2019.

Syarakshy Al-, Muhammad bin Ahmad, (tt), Usuhul al-Syarakhsy, Beirut:Darul Ma’rifat.

Syatibi Al-, (1997), Al-Muwafaqat, ttp:Dar Ibnu Affan.

Syubky Al-, Tajuddin, (1991), Al-Asybah wa Al-Nazhoir, ttp: Darul Kutub Al-‘Ilmiyyah.

Yasid, Abu, (2004), Islam Akomodatif Rekonstruksi Pemahaman Islam sebagai Agama Universal, Yogyakarta: LKiS.

Zahrah, Muhammad Abu, (1997), Al-Mujtama’ Al-Insany fi Dzilli Al-Islam, Beirut: Dar al-Fikr.

Zuhaili Al-, Muhammad Musthofa, (2006), Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah wa Tathbiquha fi al-Maazahib Al-Arba’ah, Damaskus: Darul Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jhi.v21i2.14646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats