PENGARUH GAJI DAN PENGAWASAN PIMPINAN TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI HONOR PADA KANTOR DINAS DI LINGKUNGAN KABUPATEN ROKAN HILIR

Fitri Hidayati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada kantor dinas  di lingkungan Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini membahas permasalahan dengan judul “ pengaruh gaji dan pengawasan pimpinan terhadap semangat kerja pegawai honor pada kantor dinas di lingkungan Kabupaten Rokan Hilir“. Permasalahan terkait dengan  semangat kerja pegawai honor  pada kantor dinas di lingkungan Kabupaten Rokan Hilir tersebut yang relatif masih rendah yang diduga dipengaruhi oleh rendahnya gaji pegawai honor dan pengawasan pimpinan yang belum maksimal. Jumlah populasi sebanyak 484 orang dan yang menjadi sampel sebanyak 83 orang dengan menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan gaji dan pengawasan pimpinan berpengaruh signifikan terhadap semangat  kerja pegawai honor sebesar 22,4 %. Dan sisanya 77,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Pengujian secara parsial diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara variabel gaji terhadap semangat kerja pegawai honor adalah sebesar 0,198 atau 19,8% dengan tingkat signifikan 0,013< 0,05, dan pengujian secara parsial diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara variabel pengawasan pimpinan terhadap semangat kerja pegawai adalah sebesar 0,405 atau 40,5% dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Untuk itu perlu disarankan kepada pimpinan daerah Kabupaten Rokan Hilir bahwa gaji yang telah diberikan kepada pegawai honor harus dipertimbangan untuk meningkatkan jumlah gaji yang diberikan dan disesuaikan dengan UMR yang berlaku, dan dari pengawasan sebaiknya pimpinan menekankan kembali fungsi-fungsi dari pengawasan sehingga pegawai memiliki kinerja yang lebih baik lagi serta penekanan pada pemberlakuan sanksi kepada pegawai yang melanggar aturan yang berlaku.


Keywords


Gaji, Pengawasan Pimpinan dan Semangat Kerja.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Penerbit Prenada Media.

Ghozali, Imam. 2005.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang. BP. UNDIP.

Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.

Mathis, Robert L. dan Jackson, John H., 2006. Human Resources Management. Edisi sepuluh, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Nawawi, Hadari. 1990. Administrasi Personel Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Haji Masaagung

_______________. 2005. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Sastrohadiwiryo. 2008. Semangat Kerja Karyawan untuk Perusahaan. BahanaManajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok GRAMEDIA.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Edisi Kedua. Bandung : CV. Alfabeta.

Tasmara, Toto. 2002. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta. Penerbit : CV. Gema Insani Press.

Hasibuan, Malayu S.P. (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan ketiga belas, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Jurnal Administrasi Pendidikan. Hubungan Pengawasan Pimpinan Dengan Semangat Kerja Pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat. Volume 1 Nomor 1 Oktober 2013. Halaman 43

http://www.e-jurnal.com/2013/12/pengaruh-kepemimpinan-dan-kompensasi.htmldi akses tanggal 1 April 2015.

http://www.e-jurnal.com/2015/02/pengaruh-kompensasi-terhadap-semangat.html di akses tanggal 3 April 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


harus ada visitor http://statcounter.com/