Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Leni Agustina Daulay, Asnawi Asnawi, Risna Letisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu, dengan desain pretes postes tak ekivalen. Populasi penelitian ialah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Takengon. Sampel dipilih secara purposif, yaitu kelas VII.1  dan VII.2. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes.  Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi siswa dan guru. Analisis data menggunakan uji t membuktikan bahwa pembelajaran PBL dan TPS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk pembelajaran materi bilangan, PBL mampu meningkatkan kemampuan komuniasi matematis lebih baik dibanding TPS. Kedua model pembelajran ini dapat menjadi alternatif pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan matematis siswa.

Keywords


bilangan, komunikasi matematis, problem based learning, think pair share

Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran think pair share dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99–110. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Arends. (2012). Learning to teach (Ninth). The McGraw-Hill Companies Inc.

Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru (Tiga). Remaja Rosdakarya.

Asnawati, S. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments. Jurnal Euclid, 3(2), 474–603. https://doi.org/https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332

Baroody, A. J. (1993). Problem solving, reasoning and communication, K-8. McMillan Publishing Company.

Burais, F. F., Hajidin, & Munzir, S. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Didatik Matematika, 2(2), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2818

Daulay, L. A., Hakim, H., & Sartikawati, L. D. (2019). The improvement of student’s mathematical communication ability by using cooperative learning: course review horay. Tarbiyah, 26(1), 150–164. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v26i1.376

Fitriani, Surya, E., & Saragih, S. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa SMP Negeri Langkat yang diajarkan model problem centered learning. Paradikma, 10(2), 150–164. https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i2.8696

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Peran penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (Ninth). Pearson.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), 43–63.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics.

Nurdin, E. (2012). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa melalui pendekatan visual thinking: kuasi-eksperimen pada siswa salah satu MTs Negeri di Tembilahan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh pendekatan visual thinking terhadap kemampuan koneksi matematis. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26.

Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145

Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran. URING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 49–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Siregar, A. P., Risnawati, & Nurdin, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis modelgenerative learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 111–118. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4758

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter