Pengaruh Tingkat Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Studi Kasus pada Siswa SMPN 2 Balaraja

Fauziyyah Kristanti Monica Dewi, Heni Pujiastuti

Abstract


Salah satu keberhasilan dari tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kecemasan merupakan salah satu bagian dari faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya pengaruh tingkat kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Balaraja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 403 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post-facto serta angket dan dokumentasi sebagai instrument penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kecemasan dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Balaraja sebesar 0.135 atau 13.5% dan semakin rendah tingkat kecemasan maka hasil belajar siswa pada pelajaran matematika akan semakin meningkat begitupun sebaliknya semakin tinggi tingkat kecemasan maka hasil belajar siswa pada pelajaran matematika akan semakin menurun.


Full Text:

PDF

References


Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi Untuk Mengetahui Keeratan Hubungan Antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1–7.

Djafar, S. (2018). Pengaruh Kecemasan Belajar Matematika, Presepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Tana Toraja. Jurnal Edumapsul, 2(1), 11–23.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). (Trends In International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562-569.

Hartiningrum, E. S. N., & Yanti, N. R. (2017). Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Telekomunikasi Peterongan Jombang. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–8.

Hidayati, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach ) dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Titl 1 SMK Negeri 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 25–29.

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, 1-12

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Masruroh, L., & Reza, M. D. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(2), 12.

Rahman, U., Nursalam, & Tahir, M. R. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 85–102.

Sarmiati, S., Kadir, K., Bey, A., & Rahim, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 77–78.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiarti, L. (2013). Pengaruh Bahan Ajar terhadap Kualitas Hasil Belajar

Materi Konstruksi Pola pada Prodi Pkk Tata Busana. Fahion and Fashion Education Journal, 2(1), 7.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134.

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. 1-22.

Tohir, M. (2019). Hasil Pisa Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.

Widyastuti, E. (2007). Pengaruh Kemampuan Awal, Motivasi Belajar, dan Kecemasan Menghadapi Tes Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret.

Yuliza, N. (2019, September 28). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu. Desain Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lubuklinggau.

Zakaria, E., Zain, N. M., Ahmad, N. A., & Erlina, A. (2012). Mathematics Anxiety And Achievement Among Secondary School Students. American Journal of Applied Sciences, 9(11), 1828–1832.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter