Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berbentuk Cerita pada Materi Segitiga dan Segiempat

Siti Nur Aliah, Martin Bernard

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Metode penelitian yang dipilih ialah desktiptif kualitatif, bertujan untuk mendeskripsikan secara jelas dan mendalam informasi yang diperoleh.  Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII MTs Negeri di kota Cimahi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis jawaban siswa diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan yang tergolong tinggi. Kesulitan terbesar yang dialami siswa berada pada tahap melakukan prosedur matematika. Hal ini dapat dilihat pada langkah menentukan strategi penyelsaian masalah yang kurang lengkap, keliru menentukan rencana penyelesaian masalah bahkan beberapa siswa tidak tepat dalam menentukan strategi penyelesaian masalah. Beberapa siswa kesulitan dalam menerjemahkan masalah ke dalam model matematika dan siswa kesulitan memahami masalah.


Keywords


Analisis, Kesulitan, Segiempat dan Segitiga

Full Text:

PDF

References


Abdussakir, A. (2012). Pembelajaran geometri sesuai Teori Van Hiele. Madrasah, 2(1). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings, 2014(1), 20013.

Dewi, S. C., & Slamet, H. W. (2017). Analisis kesulitan pemahaman konsep pada materi Segitiga dan segi empat di kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Tahun Ajar 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitriani, N, & Nurfauziah, P. (2019). Gender and mathematical abstraction on geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 12052.

Fitriani, N. (2015). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa SMP yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Euclid, 2(2).

Hendriana, H. (2012). Pembelajaranm atematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.9

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Kow, K., & Yeo, J. (2004). Secondary 2 students ’ difficulties in solving non-routine problems. Http://Www.Cimt.Plymouth.Ac.Uk/Journal/Default.Htm.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Nurdin, E. (2012). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa melalui pendekatan visual thinking: kuasi-eksperimen pada siswa salah satu MTs Negeri di Tembilahan. Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. (2018). Pisa 2015 result in focus. OECD, 2015. https://doi.org/10.1596/28293

Polya, G. (1957). How to solve it (Second). Princeton University Press.

Pratiwi, I. (2019). Efek program pisa terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas IX - G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 305–312. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.305-312




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter