Pengembangan Lirik Lagu sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bentuk Aljabar

Eka Suraningsih, Nur Izzati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan lirik lagu tentang  pelajaran matematika pada materi bentuk aljabar di kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R and D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat langkah yaitu: Define, Design, Development, Disseminate. Subjek  penelitian terdiri dari 30 orang peserta didik kelas VII.3 MTs Negeri Tanjungpinang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, dan angket yang dilakukan oleh validator dan subjek uji coba peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan Method  of Summated Ratings (MSR), kemudian dihitung persentase perolehannya untuk mendapatkan katagori kevalidan dan kepraktisan.  Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari dua orang validator, dimana dari validator pertama diperoleh persentase 82,05% dan validator kedua memperoleh persentase 86,63 %. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata persentase skor 85,82% yaitu berada pada katagori sangat valid. Selain itu berdasarkan hasil respon peserta didik memperoleh persentase skor 83,56% dengan katagori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lirik lagu sebagai media pembelajaran berada dalam kriteria sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi bentuk aljabar.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2009). Dasar-Dasar Psikometri (VIII). Pustaka Pelajar.

fahridatun, U. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Syair Lagu Anak Berbasis Tema dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Gugus Pendidikan Anak Usia dini Cut Nyak Dien:(tesis) Universitas Negeri Semarang.

Izzati, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lestari, D. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Powtoon untukPembelajaran Tematik KelasmI Sekolah Dasar: Universitas Pendidikan Indonesia.

Maftukhah, L. (2012). Pengembangan Macromedia Flash profesional 8 Sebagai Media Pembelajaran Wangsalan untuk Siswa SMP Kelas VIII. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press.

Purwanto, M. N. (2012). Prinsip Prinsip dan teknik-teknik Dasar Evaluasi. Pustaka Belajar.

Purwono, J. dkk. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan.2(2).127-144 http://jurnal.fkip.uns.ac.id127

Ratna, W.A. (2016). Pengembangan Lagu Sebagai Media Lagu Sebagai Media Pendukung Untuk Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Pada Kelas X SMAN 2 Sidoarjo. Laterne. 3, 1–4. https://media.neliti.com/media/publications/251259

Sukmadinata, N. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.

Sumber, T. U. (2017). Penggunaan Media Lagu (Nyanyian) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Umainingsih, M. B. (2017). Penerapan model pembelajaran memori untuk meningkatkan daya ingat dan prestasi belajar matematika ( studi pada siswa kelas III Sd Gugus II Kecamatan Ipuh). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.7(2), 87–94.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/download/3687/1932

Untari, M. F. A., Dkk. (2017). Pengembangan media lagu matematika dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. 4(1), 92–105.

https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/6145/pdf

Yusdiana, dkk. (2019). Pengaruh kreativitas guru, lingkungan sosial, dan motivasi belajar ekonomi peserta didik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.2(1), 1–9.

https://ojs.unm.ac.id/JEKPEND/article/download/9089/pdf_2

Zarkasyi,Wahyudi. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika- Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter