Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pytagoras Berdasarkan Langkah-Langkah Polya

Ziadatul Raudho, Tutut Handayani, Syutaridho Syutaridho

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dengan langkah-langkah Polya dalam menyelesaiakan soal Pytahgoras. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek  penelitian ini 34 siswa kelas IX.5 di salah satu SMP Negeri Kabupaten Ogan Ilir, kemudian karena tujuan pada penelitian kualitatif untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya dan objek penelitian pada kualitatif lebih sedikit dibandingkan kuantitatif maka diambil 6 siswa untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang kemampuannya tinggi untuk memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali telah melaksanakan dengan baik, namun ada satu siswa yang berkemampuan tinggi dapat memecahkan masalah tetapi tidak membuat langkah memahami masalah; (2) siswa yang kemampuan sedang, bisa melaksanakan langkah Polya memahami masalah, merencanakan penyelesaian. Namun untuk langkah melaksanakan penyelesaian, siswa sering mengalami kesalahan perhitungan dan untuk langkah memeriksa kembali kurang diperhatikan oleh siswa, karena siswa sudah meyakini jawabannya benar; (3) siswa kemampuan rendah mengalami kesulitan menggunakan langkah Polya dikarenakan siswa kurang memahami makna dari permasalahan yang ada. Jadi, dalam memecahkan masalah dalam penyelesaiannya tidak harus menyelesaikan dengan langkah-langakah Polya.

 

Kata kunci: Kemampaun Pemecahan Masalah, Langkah-Langkah Polya, Pytahgoras.


Keywords


Kemampaun Pemecahan Masalah; Langkah-Langkah Polya; Pytahgoras

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Komarudin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking Dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam , 1 (8).

Mahardhikawati, E. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langka-Langkah Polya Pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis- Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) , 1 (4).

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berfikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta.

Mardiyana & Riastini. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 2 (9).

Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (2).

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. OCED

Safrida, L. N. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX Smp Negeri 7 Jember. Jurnal Kadima, 6 (1).

Sahidah, E. N. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Kelas VIII Di Mtsn 1 Blitar Tahun Akademik 2018/2019. Tulung Agung: Repository IAIN Tulung Agung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, L. A. (2010). Pengaruh Motivasi dan Metode Belajar Anak Sekolah Dasar terhadap Teorema Pythagoras. Yogyakarta: UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter