Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Suhandri Suhandri, Arnida Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis tahap awal dalam mengembangkan modul berbasis kontekstual terintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori minimal valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Tahapan ADDIE yang dimaksud meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data dikumpulkan dengan teknik angket menggunakan instrumen angket validasi dan praktikalitas. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan perhitungan rata-rata dan persentase serta menggolongkan hasil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berkarakter sesuai dengan kurikulum 2013, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu memfasilitasi siswa untuk menumbuh dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya sekaligus menumbuhkan karakter positif yang islami. Melalui modul yang dilandaskan atau didasarkan atas salah satu strategi atau pendekatan yang telah terbukti untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu kontekstual yang terintegrasi nilai keislaman, maka diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalahnya.


Keywords


modul, kontekstual, nilai keislaman, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Ahmed, M. K. (2014). Perspectives on the Discourse of Islamization of Education. American Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.11634/232907811604449

Alfi, L. A. (2018). Konsep Ilmu Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas (Analisis buku Islam Dan Filsafat Sains). Tasfiyah, 2(2), 195–210. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v2i2.2580

Benny A Pribadi. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Firmansyah, A., Hasanuddin, H., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 01–10. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4772

Fitriana, N., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Learning Cycle 5E untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 021–031. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7496

Huda, M., & Mutia. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam | Huda | FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. Retrieved 26 November 2019, from https://journal.staincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/310/pdf

Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. R. S. (2016). Pengembangan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. 14.

Kumaryono, I., & Maharani, H. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berkarakter Islami Pada Program PPL Mahasiswa Pendidikan Matematika Unissula Semarang. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 119–129. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4046

Masduki, Khotimah, R. P., Sutarni, S., Toyib, M., & Kholid, M. N. (2015). Integrating Islamic Values in Mathematics Learning: A Strategy of Developing Student’s Character. Retrieved from http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5118

Nana Saodih Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Priciples and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Norhayati, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 19–32. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4771

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2). https://doi.org/10.31949/th.v1i2.384

Permendikbud. (2016). Permendikbud No 24 Tahun 2016 (KI KD Khusus Matematika) | ERIKVALENTINOMATH. Retrieved 26 November 2019, from https://erikvalentinomath.wordpress.com/2017/04/21/permendikbud-no-24-tahun-2006-ki-kd-khusus-matematika/

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049–057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 3, 207272.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhandri, S., Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115–129. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2012

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Taniredja, T. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfa Beta.

Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman melalui Pendekatan Kontektual di Provinsi Riau. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 104–118. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11–18. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter