Pengembangan Bahan Ajar Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tunarungu

Tomy Syafrudin, Sujarwo Sujarwo

Abstract


Bahan ajar yang digunakan oleh guru saat mengajar siswa tunarungu masih menggunakan bahan ajar siswa umum dan guru masih kesulitan menerapkan bahan ajar dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matematika untuk siswa tunarungu. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan Model Plomp dengan tahapan; Pleliminary Research, Prototyping Phase dan Assesment Phase. Penilaian dari pengembangan ini adalah valid, praktis dan efektif. Unsur yang divalidasi yaitu materi matematika, pembelajaran, bahasa, grafis, visual ketunarunguan. Unsur praktis dilihat dari kuisioner yang dilakukan guru, sedangkan unrut efektif dilihat dari kuisioner yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran matematika bagi siswa SLB Kelas XII dengan kebutuhan khusus tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Amra, H. (t.t.). Dasar Hukum yang Melandasi Pendidikan bagi ABK. Diambil dari https://www.academia.edu/17887990/DASAR_HUKUM_YANG_MELANDASI_PENDIDIKAN_BAGI_ABK

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Diambil dari https://shopee.co.id/Belajar-dan-pembelajaran-i.81420047.1605127223

Cai, J., Kaiser, G., Perry, B., & Wong, N.-Y. (2009). Effective Mathematics Teaching from Teachers’ Perspectives: National and Cross-National Studies. https://doi.org/10.1163/9789087908225

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction. Merrill/Pearson.

Edy, M. A. (2015). Pengembangan multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem repirasi di SMAN 1 Purwosari / Mareta Arisswara Edy (Diploma, Universitas Negeri Malang). Diambil dari http://repository.um.ac.id/26665/

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hidayat, R., & Suherman, S. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu Pada Pembelajaran Matematika di SMPLB-B PKK Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(1), 73–84.

Kuntze, M., Golos, D., & Enns, C. (2014). Rethinking literacy: Broadening opportunities for visual learners. Sign Language Studies, 14(2), 203–224.

Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. INKLUSI, 3(2). https://doi.org/10.14421/ijds.030201

Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Republik Indonesia. Pendidikan Luar Biasa. , Pub. L. No. 72, 72 (1991).

Purbasari, R. J., Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4), 1–10.

Sartika, Y. (2013). Ragam Media Pembelajaran ADAPTIF untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9081

Sugiarti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu Melalui Media Variasi Gambar Pada Siswa Kelas V/B di SLB Negeri Surakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 7. Surakarta: Kerjasama Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan, Program Studi S-2 Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret Surakarta dan ISPI Wilayah Jawa Tengah.

Summer, D. (2001). Longman Dictionary of Contemporary English. Diambil dari https://www.academia.edu/12456745/Longman_Dictionary_of_Contemporary_English_4th_ed._

Suneetha, E. (2004). Methods of Teaching Mathematics. Discovery Publishing House Pvt. Limited.

Syafrudin, T. (2019). Proses Berpikir Siswa Tunarungu Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika “Gerak Lincah Pembelajaran Matematika di Era Intelegensi Semu,” Malang.

Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1). https://doi.org/10.35580/sainsmat5130452016




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter