Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

K Kuswandi, Heni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain diskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan instrument soal posttest. Dengan menganalisis hasil posttest sampel penelitian dari masing-masing katagori, maka dapat  ditemukan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dari subjek penelitian yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords


Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw.

Full Text:

PDF

References


Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78-87.

Budi Mulyono, Hapizah. (2018). Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kalamatika, 3(2), 103-122.

Damayanti, D. (2012). Penerapan Metode Accelerated Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia (tidak diterbitkan).

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Gunawan, G., Subekti, F. E., & Subekti, F. E., (2018). Kemampuan Analogi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Differensial.Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 223-238.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Kusaeri. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Suska Journal of Mathematics Education, 4 (2), 125-141.

Lexy, J. M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permata, P., C., Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 127-133 .

Sari, D. M. (2017). Analysis Of Students’ Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning Talking Stick Type. Infinity Journal, 6(2), 183-194.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter