Efektifitas Bahan Ajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Berbasis Konstruktivisme

Majidah Khairani Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah matematika diskrit. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku kerja matematika diskrit berbasis konstruktivisme. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap Pendefenisian, tahap Perancangan dan tahap Pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar dinyatakan valid oleh validator, yang artinya bahan ajar valid dan sudah dapat digunakan oleh mahasiswa yang mengambil matakuliah Matematika Diskrit di STKIP Ahlussunnah. Dan hasil analisis validasi RPKPS termasuk dalam kategori valid, artinya RPKPS yang digunakan sudah sesuai dengan bahan ajar yang digunakan. (2) Analisis hasil angket diperoleh dalam kategori praktis, yang artinya  bahan ajar mudah digunakan. 3) Analisis hasil  tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil ujian mahasiswa berada pada tingkat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sudah valid praktis dan efektif

Keywords


Pengembangan; buku kerja; valid; praktis

Full Text:

PDF

References


Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.

Hendriana, Heris & Utari, S. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika (Kedua). Bandung: PT Redifa Aditama.

Hisyam, Z. dkk. (2002). Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga.

Lathiifah, I. J. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Materi Aturan Pencacahan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 72–83.

Pratiwi, D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI ( Somatic , Auditory , Visual , Intellectual ) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Development of Teaching Materials of Biology Base. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 5–9.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.

Safitri, N. dkk. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Learning dengan Materi Menganalisis Peluang Usaha Kelas XI SMK. Jurnal Tekno Pedagogi, 5(1), 64–81.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (Keempat). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriyono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstruktivis Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika II (TKF II) untuk Mahasiswa Kelas Internasional di Jurusan Fisika UNESA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 31–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter