Profil Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gender

Devi Febryana

Abstract


ABSTRAK. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) Tingkat berpikir kreatif siswa MTs. pada konsep bangun datar yang berjenis kelamin laki-laki, (2) Tingkat berpikir kreatif siswa MTs. pada konsep bangun datar yang berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana subjek diambil menggunakan teknik purposif sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa dengan rincian 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data trianggulasi sumber yaitu reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Tingkat berpikir kreatif siswa MTs pada konsep bangun datar yang berjenis kelamin perempuan (kreatif) (2) Tingkat berpikir kreatif siswa MTs pada konsep bangun datar yang berjenis kelamin laki-laki (tidak kreatif)

Keywords


Katakuci: Tingkat berpikir kreatif, jenis kelamin, bangun datar

Full Text:

PDF

References


Muh. Anis Rasyid, Mega Teguh Budiarto, Agung Lukito. 2017. Profil Berfikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Nurmitasari dan Robia Astuti. 2017. Tingkat Berfikir Kreatif Siswa MTs. Pada Bangun Datar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Edumath. Volume 3 No. (2017) Hlm. 118-128.

Ardianto Pandapotan Siregar, Dwi juniati, Raden Sulaiman. 2017. Profil Berfikir Fungsional Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perberdaan Jenis Kelamin. Jurnal Riview Pembelajaran Matematika. http://jrpm.uinsby.ac.id

Nenny Indrawati dan Nurfaidah Tasni. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbrdaan Gender. Jurnal Saintifik. Vol.2 No 1.

Muhammad Bakhril Ilmi dan Abdul Haris Rosyidi. 2017. Penalaran Siswa SMA dalam Pembuktian Matematika pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 3 No.6.

Abdul Karim. 2014. Mengembangkan Berfikir Kreatif Melalui Membaca dengan Model Mind Map. Volume 2 No. 1.

Syahrir. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. JIME. Volume 2 No. 1 ISSN 2442-9511.

Isnaeni Umi Machromah, Riyadi, Budi Usodo. 2015. Analisis Proses dan Tingkat Berfikir Kreatif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Bentuk Soal Cerita Materi Lingkaran Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Elektronik Pembealajaran Matematika. Vol.3 No.6, hal 613- 624 ISSN 2339-1685.

Musdalifah Asis, Nurdin Arsyad, Alimuddin. 2015. Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis. Volume 3 No.1.

Erlan Siswandi, Imam Sujadi, Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.4 No.7 ISSN: 2339- 1685.

Retno Sari, Tri Atmojo Kusmayadi, Imam Sujadi. 2016. Aktivitas Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.4 No.5, hal 496- 509 ISSN : 2339- 1685.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter