Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang

Candra Bagus

Abstract


Penelitian  kualitatif  ini bertujuan untuk  menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal.  Penelitian ini dilakukan di kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika yang dapat berupa diagram, tabel, grafik, simbol matematika, model matematika, kata-kata, dan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi kata atau teks tertulis dalam menyelesaikan soal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Representasi sebenarnya bukan menunjukkan kepada hasil atau produk yang diwujudkan dalam konfigurasi atau konstruk baru dan berbeda, tetapi proses berfikir yang dilakukan untuk dapat mengungkap dan memahami konsep, operasi, dan hubungan-hubungan matematik dari suatu konfigurasi. Artinya, proses representasi matematik berlangsung dalam dua tahap yaitu secara internal dan eksternal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis menurut Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis sangat penting dan dibutuhkan oleh siswa dalam memahami materi yang dierikan dan menyelesaikan soal, jika kemamuan representasi matematis kurang maka menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam materi yang diberikan sehingga siswa susah memahami dan mengerjakan soal yang disediakan.

Keywords


lingkaran, representasi ekspresi matematis, representasi kata, representasi visual

Full Text:

PDF

References


Sulastri, Marwan, M. Duskri. Kemampuan representasi matematis siswa SMP

melalui pendekatan pendidikan matematika realistic. Jurnal Tadris Matematika. Vol.10 No.1

Devi Aryanti, Zubaidah, Asep Nursangaji. (2013). Kemamuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemamuan Siswa Pada Materi Segi Empat Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan.

Nelli, Edy Yusmin, Silvia Sayu. Kemampuan Reresentasi Matematis Siswa Pada MateriI Segi Empat Di Kelas VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak.

Anggun Rizky Putri Ulandari, Bambang Hudiono, Bistari. Kemampuan Representasi Mateatis Menyelesaikan Soal OPEN-ENDED Menurut Tingkat Kemamuan Dasar Materi Segi Empat Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan, Pontianak

Heris Hendriana. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 19 No. 1

Muhamad Farhan, Heri Retnawati. (2014). Keefektifan Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol.1 No.2

Hani Handayani. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1 No.1

Jarnawi A.Dahlan, Dadang Juandi. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Karunia Eka Lestari. (2015). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Teruka. Jurnal ilmiah Solusi Vol. 1 No. 4

Kanisius Mandur , I Wayan Sadra , I Nengah Suparta. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belaar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten MAnggarai. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter