Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA

Nur Aida, Kusaeri Kusaeri, Saepul Hamdani

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan berupa validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing. Selanjutnya, data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan melalui software BILOG-MG untuk mengetahui karakteristik tiap instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 butir soal yang dikembangkan dinyatakan valid dengan reliabilitas sedang dan 1 butir soal dinyatakan tidak valid. Sedangkan 7 butir soal yang dinyatakan valid meliputi daya pembeda, tingkat kesukaran, dan nilai guessing termasuk kategori baik, hanya butir soal nomor 1 yang mempunyai kategori tingkat kesukaran tidak baik.


Keywords


instrumen penilaian, kognitif, PISA

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Robiyatul. (2014). Skripsi Sarjana. “Pengembangan Soal Matematika Mengacu pada Standart PISA”. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Aini, Rahmawati Nur dan Tatag, “Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 03 No 2 Tahun 2014.

Allen, M. J. & Yen, W. M, Introduction to measurement theory. Belmont, CA : Woodsworth, Inc, 2003.

Attali,Y & Bar-Hillel, M, “Guess where: The position of correct answer in multiplechoice test item as psychometric variable”. Journal of Educational Measurement, 40 (2), 2003.

Gao, Song, Doctoral Dissertation: “The Exploration of The Relationship Between Guessing and Latent Ability in IRT Models”. Carbondale: Southem Illenois University, 2011.

Hambleton, R. K & Swaminathan, H, Item response theory. Boston, MA: Kluwer, 1985.

Hambleton, R. K, Fundamentals of Item Response Theory. New Delhi: Sage Publications, 1991.

Harianto, dkk. “Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Paper presented at Seminar Nasional Matematika, Jember, 2014.

Herman, Tatang. “Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Educationist. Vol. 1 No. 1, Januari 2007.

Kohar, Ahmad Wachidul., dan Zulkardi. “Pengembangan Soal Berbasis Literasi Matematika dengan Menggunakan Kerangka PISA Tahun 2012”. Paper presented at Konferensi Nasional Matematika XVII, Surabaya, 2014.

Kusaeri, K. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Mahdiansyah dan Rahmawati, “Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 20 No. 4, Desember 2014.

OECD. Learning Mathematics for Life : A View Perspective from PISA. Paris: OECD Publicatins, 2009.

OECD. PISA 2012 Result: What Students know and can do:Student Performance in mathematics, reading, and science. Volume I. Paris: OECD publishing, 2014.

Purnomo, Suryo. Tesis. “Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model Rasch”. Jember: Universitas Jember, 2016.

Rogers, H. J, Guessing in multiple choice tests. In G. N. Master & J. P. Keeves (Eds.), Advances in Measurement in Educational Research and Assessment. Amsterdam: Pergamom, 1999.

Rosnawati, R, “Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Mei 2009.

Sandjojo, Nidjo, Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2011.

Sovianwati, Evi. “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar”. Jurnal Edisi Khusus No 2, Agustus 2011.

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.

Susongko, Purwo. "Perbedaan fungsi informasi item pada tes prestasi belajar matematika bentuk pilihan ganda yang menggunakan penskoran konvensional dan koreksi”. 2010.

Tandilling, Edy. “ Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematika, Pemahaman Matematika, dan Self-Regulated Learning Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13 No. 1, April 2012.

Wardhani, Sri., dan Rumiati. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP:Belajar dari PISA dan TIMSS (Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter