DISPOSISI MATEMATIS SISWA SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING

jayanti putri purwaningrum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan disposisi matematis siswa pada mata pelajaran matematika yang belum berkembang secara optimal. Dengan demikian, tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengkaji peranan model pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pairs Problem Solving) yang diterapkan pada siswa terhadap peningkatan disposisi matematis. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu pre experimental design dengan desain penelitiannya one group pre test-post test. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD NU Nawa Kartika, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran, lembar observasi siswa dan skala disposisi matematis. Data dianalisis dengan menggunakan Normalized-Gain. Hasil studi penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAPPS dapat meningkatkan disposisi matematis siswa.

 

Kata Kunci: Matematika, Disposisi Matematis, TAPPS

Keywords


Matematika, Disposisi Matematis, TAPPS

Full Text:

PDF

References


Barkley, E. ,dkk. (2012).Collaborative Learning Techniques.(terjemahan) Bandung: Nusa Media

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

________. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Krismanto, Al. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Pelatihan Instruktur atau Pengembang SMU , Yogyakarta: PPPG Matematika.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, Manado.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Copcetual Learning Gain in Physics. Vol 70. hlm 1259-1268.

Muslich, M. (2008). KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Naryestha, K. E, dkk. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif TAPPS Berbantuan LKS Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika. E-Journal Mombar PGSD Universitas Ganesha. Vol: 2 No: 1.

Permana, Y. (2010). Mengembangkan Pemahaman, Komunikasi dan Disposisi matematis. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah. Seminar Pendidikan Matematika, Bandung: UPI.

Syaban, M. (2009). Menumbuh Kembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Investigasi. (online). Diakses di http://file.upiedu/Direktori/Jurnal/EDUCATIONIST/

Vol._III_Ni._2Juli_2009/08_Mumun_Syaban.pdf. (diunduh tanggal 30 November 2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         DRJI Indexed Journal

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter