PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN RME UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Nur Atika, Zubaidah Amir MZ

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika berbasis pendekatan RME pada materi pokok bahasan segitiga. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Bengkalis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan; Design, meliputi penyusuna LKS: Development, dilakukan pengembangan LKS matematika berbasis RME; Implementation, dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar untuk mendapatkan data praktikalitas dan kemampuan berpikir kritis matematis; Evaluation, dilakukan untuk menganalisis data berdasarkan tahap implementation. Hasil penelitian melalui angket ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran memenuhi kriteria sangat valid. Hasil ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar memnuhi kriteria sangat praktis, serta hasil tes kemampuan berpikir kritis mmatematis siswa memenuhi kriteria tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan layak dan praktis untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Hartono dan Amir, Zubaidah. 2010. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA RIAU. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Lembaga Penelitian dan Pengembangan UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru.

Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Kaifa, Bandung.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press, Yogyakarta.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. PT Dian Rakyat, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Al-Fabeta, Bandung.

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter