PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA PGMI SEMESTER II UIN SUSKA RIAU

Melly Andriani, Depi Fitraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write yang dapat meningkatkan  kemampuan komunikasi matematika mahasiswa PGMI semester II kelas B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan catatan lapangan. Adapun kriteria keberhasilan proses pembelajaran setiap siklus tindakan dikatakan berhasil apabila hasil pengamatan aktivitas dosen dan mahasiswa minimal pada kategori baik. Sedangkan kriteria keberhasilan kemampuan komunikasi matematika ditentukan oleh tes akhir yaitu jika paling sedikit 80% dari seluruh mahasiswa telah mencapai nilai ³65. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi proses pembelajaran maupun kemampuan komunikasi matematika mahasiswa. Pada siklus I rata-rata skor kemampuan komunikasi matematika mahasiswa 72,25 dan persentase ketuntasan 71,42% dan pada siklus II rata-rata skor kemampuan komunikasi matematika mahasiswa 79 dengan persentase ketuntasan 85,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika mahasiswa PGMI semester II kelas B UIN SUSKA RIAU.


Full Text:

PDF

References


Bansu Irianto Ansari, (2003). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa SMU melalui strategi Think-Talk-Write .Disertasi doktor, tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Helmaheri, (2004). Mengembangkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis mahasiswa SLTP melalui strategi Think-Talk-Write dalam kelompok kecil. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Huinker, D., Laughlin, C. (1996). Talk your way into writing. Dalam P. C. Elliot & M. J. Kenney (Eds), Yearbook of Communication in Mathematics K-12 and Beyond (pp.81-88). Reston, VA:NCTM.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter