Pengaruh Pemahaman Konsep dengan Mempertimbangkan Level Berpikir Terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa SMP

Zamzaili Zamzaili, Baki Swita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan besarnya pengaruh langsung maupun tidak langsung dari model rekursif antara pemahaman konsep dengan hasil belajar geometri dengan mempertimbangkan level berpikir geometri. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan besar sampel sejumlah 128 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa soal tes pemahaman konsep geometri, soal tes level berpikir dan soal tes hasil belajar geometri. Ketiga instrumen ini dikumpulkan menggunakan teknik tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik analisis jalur (path analisys). Hasil temuan penelitian diperoleh; (1) pengaruh langsung pemahaman konsep terhadap hasil belajar geometri sebesar 0,196, (2) pengaruh tidak langsung pemahaman konsep terhadap hasil belajar geometri dengan mempertimbangkan level berpikir sebesar 0,253, (3) pengaruh langsung level berpikir terhadap hasil belajar geometri sebesar 0,449, serta (4) pengaruh spurius level berpikir terhadap hasil belajar geometri sebesar 0,105. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa pemahaman konsep dengan mempertimbangkan level berpikir akan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap peningkatan hasil belajar geometri.

Keywords


Pemahaman Konsep, Level Berpikir, Hasil Belajar Geometri.

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. (2012). Analisis Tingkat Berfikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Gading Probolinggo pada Kelas IX Menurut Teori Van Heile (PhD Thesis). Universitas Negeri Malang, Malang.

Blanco, L. J. (2001). Errors in The Teaching/Learning of The Basic Concepts of Geometry. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 24.

Clements, D. H., Sarama, J., & Joswick, C. (2018). Learning and Teaching Geometry in Early Childhood. Dalam Special Issues in Early Childhood Mathematics Education Research (hlm. 7–31). Brill.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Jones, K. (2000). Critical Issues in The Design of The School Geometry Curriculum. New Zealand: University of Aucklan.

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa pada Konsep Segiempat berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika, Jember.

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2014). Identifikasi Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Negeri 2 Ambarawa berdasarkan Teori Van Hiele. Satya Widya, 30(2), 96–103.

Mason, M. (2002). The van Hiele Levels of Geometric Understanding. Professional Handbook for Teachers, Geometry: Explorations and Applications. United States of America: MacDougal Litteil Inc.

Murray, J. C. (1997). The Van Hiele Theory. Diambil dari http://www.wcape.school.za/malati/van.hiele

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Olkun, S., & Sari, M. H. (2016). Geometrıc A. Dipresentasikan pada 13th International Congre.

Pedhazur, E. J. (1982). Multiple Regression in Behavioral Research. New York: Holt Rinehart and Winston.

Pegg, J., & Davey, G. (1989). Clarifying Level Descriptors for Children’s Understanding of Some Basic 2-D Geometric Shapes. Mathematics Education Research Journal, 1(1), 16–27.

Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Bidang Datar (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 20–35. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.680

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Watan, S., & Sugiman. (2018). Exploring The Relationship between Teachers’ Instructional and Students’ Geometrical Thinking Levels based on Van Hiele Theory. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1–10. IOP Publishing.

Wilson, M. (1990). Measuring a van Hiele geometry sequence: A reanalysis. Journal for Research in Mathematics Education, 21(3), 230–237.

Zamzaili, Z., & Swita, B. (2021). The Effectivity of Corrective Formative Evaluation on Ability to Understand Geometric Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 1–7. IOP Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.16928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter