Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Gaya Belajar Tipe Kolb

Edimuslim Edimuslim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kemampuan abstraksi matematis pada materi geometri (kubus dan balok) ditinjau dari gaya belajar tipe Kolb yang dimiliki siswa, menelaah keterkaitan antara level kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar tipe Kolb dan mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan abstraksi matematis berdasarkan kriteria Newman Error. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini diperoleh dengan melaksanakan  tes gaya belajar menggunakan instrumen KLSI (Kolb Learning Style Inventory) dan soal tes kemampuan abstraksi matematis yang disusun berdasarkan level dan indicator abstraksi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Persentase keberadaan tipe gaya belajar Assimilator, Diverger, Accomodator dan Converger berturut-turut adalah 53,3%, 20%, 13,3% dan 13,3%. 2). Siswa dengan gaya belajar assimilator, diverger dan accommodator lebih banyak berada pada level 1 dan level 2 dengan kriteria transisi. Sedangkan siswa dengan gaya belajar converger mampu mencapai level 1, level 2 dan level 3 dengan kriteria lengkap. 3). terdapat keterkaitan antara level abstraksi matematis dengan gaya belajar tipe converger. 4). Jenis kesalahan yang ditemui Ketika siswa menyelesaikan soal abstraksi matematis diantaranya kategori Encoding error, transformation error dan process skill error.


Full Text:

PDF

References


Annas, S., Djadir, & Hasma, S. M. (2018). The Abstraction Ability in Constructing Relation Within Triangles by the Seventh Grade Students of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012029

Casanova, J. R., Cantoria, C. C. C., & Lapinid, M. R. C. (2021). Students’ Geometric Thinking on Triangles: Much Improvement Is Needed. Infinity Journal, 10(2), 217. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p217-234

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055

Fathani, A, H. (2016). Gaya Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematik Ditinjau Dari Tingkat Kecenderungan Kecerdasan Matematik dan Linguistik. Proisiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2013, May 2013.

Ferrari, P. L. (2003). Abstraction in mathematics. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 358(1435), 1225–1230. https://doi.org/10.1098/rstb.2003.1316

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018a). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018b). the Students’ Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With Vba-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p123-132

Gooden, D. J., Preziosi, R. C., & Barnes, F. B. (2009). An Examination Of Kolb’s Learning Style Inventory. American Journal of Business Education (AJBE), 2(3), 57–62. https://doi.org/10.19030/ajbe.v2i3.4049

Hong, J. Y., & Kim, M. K. (2016). Mathematical Abstraction in the Solving of ill-Structured Problems by Elementary School Students in Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(2), 267–281. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1204a

Juniarti, A. C., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1b), 400–404.

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle : Examples of Mathematical. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53–70.

Özgen, K., Tataroǧlu, B., & Alkan, H. (2011). An Examination of Brain Dominance and Learning Styles of Pre-Service Mathematics Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(February), 743–750. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.176

Richmond, A. S., & Cummings, R. (2005). Implementing Kolb ’ s Learning Styles into Online Distance Education. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 1(1), 45–54.

Sitihanifah, N., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 168–174.

Smith, K., & Rayfield, J. (2017). Student Teaching Changed Me: A Look at Kolb’s Learning Style Inventory Scores Before and After the Student Teaching Experience. Journal of Agricultural Education, 58(1), 102–117. https://doi.org/10.5032/jae.2017.01102

Yusepa, B. (2017). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kls VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.233




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.16831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter