PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Lies Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara mahasiswa yang belajar menggunakan strategi inkuiri dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional pada mata kuliah Telaah Materi Matematika SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, karena dalam desain ini peneliti tidak dapat mengontrol semua variable yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti berperan langsung sebagai dosen dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas IVB dan mahasiswa kelas IVD Prodi Pendidikan Matematika yang berjumlah 69 orang dan objek penelitian ini adalah pemecahan masalah matematika mahasiswa.

Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi inkuiri  dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakan rumus tes-t,

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara mahasiswa yang belajar menggunakan strategi inkuiri dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional pada mata kuliah Telaah Materi Matematika SMA.


Keywords


Inkuiri, Pemecahan Masalah, Matematika

Full Text:

PDF

References


Ade YuniarsaNugraha, Pengembangan Model Bahan Ajar, UniversitasPendidikan Indonesia, Bandung, 2012.

Ahmad Sabri, StrategiBelajarMengajardan Micro Teaching, Quantum Teaching, Jakarta, 2007.

Arikunto, S. . Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

BadanStandarNasionalPendidikan (BSNP), Model PenilaianKelas, Depdiknas, Jakarta, 2006.

BaharuddindanEsaNurWahyuni, TeoriBelajardanPembelajaran, Ar-Ruz Media, Jogjakarta, 2007.

B. Suryosubroto, Proses BelajarMengajar di Sekolah, RinekaCipta, Jakarta, 2002.

C. AsriBudiningsih, BelajardanPembelajaran, RinekaCipta, Jakarta, 2008.

Djaali, PsikologiPendidikan, BumiAksara, Jakarta, 2008.

Emilia Setyoningtyas, Kamus Trendy Bahasa Indonesia, Apollo, Surabaya, 2004.

Gimin, InstrumendanPelaporanHasilDalamPenelitianTindakanKelas, Pekanbaru, 2008.

Herman Hudojo, StrategiMengajarBelajarMatematika, IKIP Malang, Malang, 1990.

_____________, Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas, Usaha Nasional, Surabaya, 1979.

Idris, Noraini, PedagogidalamPendidikanMatematika, Utusan Publications & Distributors SDN BHD, Kuala Lumpur, 2005.

John A.,Matematika Sekolah Dasar dan Menengah, Erlangga, Jakarta, 2008.

Kadir, dkk.,AlgoritmaJurnalMatematikadanPendidikanMatematika, IAIN Indonesia Social Equity Project (IISEP), Jakarta, 2006.

Karno, Mengenal Analisis Tes, FIP UPI, Bandung, 2003.

Killen, R., Efective Teaching Strategies Lesson from Research and Practice. Second Edition, Social Science Press, Australia, 1998.

Made Wena, StrategiPembelajaranInovatifKontemporer, BumiAksara, Jakarta, 2011.

MasnurMuslich, KTSP DasarPemahamandanPengembangan, PT BumiAksara, Jakarta, 2008.

MuhibbinSyah, PsikologiBelajar, PT RajaGrafindoPersada, Jakarta, 2003.

Nana Sudjana, PenilaianHasilBelajarMengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2006.

Pupuh Faturrohman dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, PT Refika Aditama, Bandung, 2007.

Risnawati, Strategi Pembelajaran Matematika, Suska Press, Pekanbaru, 2008.

Roestiyah N.K., StrategiBelajarMengajar, RinekaCipta, Jakarta, 2008.

Saptuju,” Meningkatkan kemampuan Siswa SMP dalam menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Belajar kelompok Kecil dengan pendekatan Problem solving. Thesis tidak diterbitkan, Bandung, 2005.

S. Nasution dan M. Thomas, Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah, Bumi Aksara, Jakarta, 2009.

Sri Widayati, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II MTS Hidayatul Mubtadi’ah, Skripsi, UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru, 2005.

Sudjana, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung, 1996.

Sudjimat, D.A., Pembelajaran pemecahan Masalah: Tinjauan singkat Berdasarkan teori Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, IKIP Malang, Malang, 1995.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2010.

SuharsimiArikunto, Dasar-DasarEvaluasiPendidikan, BumiAksara, Jakarta, 2009.

Sumarna Surapranata, Analisis, Validitas. Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006.

Trianto, Model-Model PembelajaranInovatifBerorientasiKonstruktivistik,PrestasiPustaka, Jakarta, 2007.

WinaSanjaya, StrategiPembelajaran, Kencana, Jakarta, 2008.

Http://educare.e_fkipunla.net/jurnal pendidikandan budaya.mht.Diakses: 13 September 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter