PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Melisya Indah Pratiwi, Ismail Mulia Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh tersebut diadakan uji perbedaaan terhadap kempampuan pemecahan masalah dua kelas yaitu kelas pertama adalah kelas perlakuan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell dan kelas kedua adalah kelas  dengan pembelajaran konvensional. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional?”.

Penelitian merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 215 orang siswa, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas X R4/TKJ yang merupakan kelas eksprimen yang belajar menggunakan strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell dan kelas  X R2 yang belajar dengan model konvensional.

Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika atara siswa yang belajar menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai thitung = 3,1794 dan nilai ttabel = 2,021pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan kaidah keputusan dimana thitung> ttabel, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhkemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional.

 

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell, Pemecahan Masalah

 


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Model Penilaian Kelas. Depdiknas. Jakarta

Hartono. 2006. Statistik untuk Penelitian. Zanafa, Yogyakarta.

Risnawati, 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Suska Press. Pekanbaru

Sudjono, Anas. 2009. Pengantar Evauasi Pendidikan. Rajawali Pers, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Zaini, Hisyam dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif. Bumi Aksara, Bandung.

Zakaria, Effandi. 2007. Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. SDN, BHD, Kuala Lumpur, Lohprint.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Indexed by:

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education FTK UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jme@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 
Flag Counter