Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Putri Rahmadani, Zubaidah Amir MZ

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA/SMK. Studi ini dilakukan merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis pembelajaran creative problem solving yang valid, praktis dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Perhentian Raja. Sampel penelitian adalah kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Objek pada penelitian ini adalah LKS matematika dengan model pembelajaran creative problem solving. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas LKS matematika berbasis pembelajaran creative problem solving yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,19%) dan sangat praktis (90,33%). Uji efektivitas LKS menyimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa LKS berbasis pembelajaran creative problem solving ini dapat digunakan sebagai bahan ajar matematika


Keywords


Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Model Creative Problem Solving, Statistika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Herutomo, R. A., & Masrianingsih, M. (2019). Pembelajaran Model Creative Problem-Solving untuk Mendukung Higher-Order Thinking Skills Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26352

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husnawati, N., Sanapiah, S., & Abidin, Z. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kopang. Media Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7.

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning pada Materi Asam Basa. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182.

Islamiyah, D., & Jamaan, E. Z. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 9(4), 35–40.

Kamaruddin, R., Razak, F., & Sutrisno, A. B. (2020). Penerapan Model CPS Berbasis LKS Soal TIMSS untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah. Histogram: jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 601–615. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.828

Malahyati, E. N. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Blitar. Konstruktivisme, 9(2), 147–158.

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving ( CPS ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

Nurjannah, Z., & Irma, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 227. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4776

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Risnawati. (2013). Keterampilan Belajar Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supatmono, C. (2009). Matematika Asyik. Jakarta: Grasindo.

Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 26. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.520




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.14025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter