Keterampilan Berkomunikasi Mahasiswa Calon Pendidik Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching

Agus Suharman, Nur Izzati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keterampilan berkomunikasi mahasiswa pendidikan matematika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) pada mata kuliah Micro Teaching. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Matematika UMRAH angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Micro Teaching pada rombel 6A1 dan 6B2 yang berjumlah 26 orang. Adapun yang menjadi subjek penilaian adalah video pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa. Ada 2 tipe video pembelajaran yang dibuat, yaitu: pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom, dan pembelajaran tatap muka secara langsung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi terhadap video pembelajaran mahasiswa tersebut. Setelah data hasil observasi didapatkan, selanjutnya data tersebut diolah untuk melihat persentase yang didapatkan oleh mahasiswa di setiap indikatornya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan berkomunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 8 mahasiswa memperoleh kriteria baik, 5 mahasiswa memperoleh kriteria cukup dan 3 mahasiswa memperoleh kriteria kurang.


Keywords


Keterampilan, Berkomunikasi, Pendidik, Matematika, Micro Teaching

Full Text:

PDF

References


Apsari, R. A., Sripatmi, S., Sariyasa, S., Maulyda, M. A., & Salsabila, N. H. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6(2), 318–332. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan, G. A., Agina, S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kemampuan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP dengan Penggunaan Geogebra. 04(01), 53–63.

Febrian, F., & Astuti, P. (2019). Classroom Mathematical Questioning Skill (CMQS) Mahasiswa Praktikan Micro Teaching. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 111. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7252

Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Istiningsih, S., Astria, F. P., Khair, B. N., & Haryati, L. F. (2020). Pelaksanaan Perkuliahan Pengajaran Mikro di Program Studi PGSD: Sebuah Penelitian Evaluasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 93–100. https://doi.org/10.21009/PIP.342.3

Janah, A. N. (2020). Survei Motivasi Belajar Peserta Didik Smp Terhadap Pengadaan Praktikum Pada Mata Pelajaran Ipa. https://doi.org/10.35542/osf.io/d4u8k

Johar, R. (2019). Keterampilan Bertanya Guru SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 7(1), 44–54. https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13735

Linda, L. (2017). Analisis Penguasaan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Mahasiswa Calon Guru Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 65–75.

Makur, A. P., & Prahmana, R. C. I. (2015). Penyebab Kecemasan Matematika Mahasiswa Calon Guru Asal Papua. Jurnal Elemen, 1(1), 1–12.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Ed). London: Sage Publication.

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Sultanova, L., Hordiienko, V., Romanova, G., & Tsytsiura, K. (2021). Development of Soft Skills of Teachers of Physics and Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012038

Syamsuddin, M. (2014). Ruang Lingkup Retorika. Retorika, 1–39.

Turmudi, A. (2012). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Keterampilan Berkomunikasi Guru. Tribakti: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 1–18.

Untu, Z., Purwanto, P., & Parta, I. N. (2020). Kesalahan Guru dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Ditinjau dari Pengetahuan Deklaratif. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.82

Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic dalam Pembelajaran Matematika. Eduscope, 06(01), 78–85.

Widjajanti, D. B. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 1–13. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter