PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS VIII MTS

Risnawati Ahmad, Wahyunur Mardianita, Ruzi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar
Dimensi Tiga yang berupa RPP dan LKS dengan menggunakan pendekatan
open-ended yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial terhadap
kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah tentang Dimensi Tiga.
Penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu pleminary dan formative
evaluation. Pada tahap pleminary dilakukan analisis materi dan bahan ajar
yang sesuai dengan prinsip dan karakteristik open-ended sehingga
dihasilkan desain bahan ajar atau prototipe. Pada tahap formative
evaluation dilakukan expertreview,one-to-one, dan small group untuk
memperoleh bahan ajar yang valid dan praktis. Selanjutnya untuk melihat
efek potensial bahan ajar yang telah dikembangkan, maka dilakukan field
test di kelas VIII MTs Nurul Hidayah Sungai Salak, terdiri dari 25 siswa.
Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa diketahui bahwa rata-rata dari 80
% yang termasuk dalam kategori baik atau di atas KKM. Hasil analisis
observasi aktivitas siswa berdasarkan indikator open-ended sebesar 82,50
%, dikategorikan baik. Hal tersebut mengidentifikasi bahwa bahan ajar
Dimensi Tiga menggunakan pendekatan open-ended yang telah
dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics in Scondary School.

New York: Win C. Brown Company Publiser.

Nohda, N. (2001). A study of Open-Approach Method in School Mathematics

Teaching-Focusing on Mathematical Problem Solving Activities. [Online].

Tersedia : http://www.nku.edu/~Sheffeld/wga1.htm.

Shimada, S. (1997). Open-Ended Approach in Arithmetic and Mathematics -

A New Proposal toward Teaching Improvement. Tokyo: Misumishoto.

Torrance, E.P. (1969). Creativity What Research Says to the Teacher.

Washington DC: National Education Association.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

        

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education
Faculty of Education and Teacher Training
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter