PENGARUH PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMK DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Arifa Rahmi, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa di SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru yang belajar menggunakan model Missouri Mathematics Project. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes.Hasil analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung = 2,42 dan nilai ttabel = 2,02. Sehingga thitung> ttabel karena , berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, adanya perbedaan dapat dilihat dari mean kelas eksperimen adalah 16,64 lebih tinggi dari pada mean kelas kontrol yaitu 13,68. Dengan adanya perbedaan tersebut, berarti terdapat pengaruh penerapan model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru.


Keywords


missouri mathematics project, pembelajaran konvensional, komunikasi matematika

Full Text:

PDF

References


Jannah, M, Triyanto dan Henny, E. (2013). Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, Vol 1. No 1. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa.

Krismanto, Al dan Widyaiswara. (2003). Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rosani. Dunia Matematika; Model Missouri Mathematics Project. [Online]. Tersedia : http://math4usq.wordpress.com/category/uncategorized/. [ 2 Juni 2014 ].

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta : Alfabeta.

Sukmadinata, N S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Umar, W. (2012). Jurnal Infinity Vol 1, No. 2. Membangun Kemampuan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Siliwangi : STKIP Siliwangi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter