MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS SOFT SKILL

Feri Haryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemandirian belajar mahasiswaterhadap pembelajaran open-ended secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP se-Kota Tanjung Balai Tahun Ajaran 2011/2012, dengan menggunakan dua kelas yang telah ditentukan. Kelas

eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbasis soft skill, sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen terdiri dari 40 siswa, sedangkan kelas kontrol terdiri dari 40 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes tertulis, bahan ajar, angket kemandirian belajar siswa dan format observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket awal dan akhir untuk melihat kemandirian belajar sisiwa terhadap pembelajaran. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan anlasis data menggunakan uji Mann Withney dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS 16. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbasis soft skill berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Kemandirian beajar sisiwa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbasis soft skill dengan KKM kelompok tinggi dan rendah, kelompok sedang dan rendah tidak terdapat perbedaan secara signifikan.

Keywords


pendekatan metakognitif berbasis soft skill, pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Balitbang .(2011). Laporan Hasil TIMSS 2007. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prabawa, H, W. (2009). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Tesis pada PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Puskur (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik : Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suzana, Y. (2003) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMU melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Bandung: Tesis PPS UPI [tidak dipublikasikan]




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Indexed by:

         

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)

Department of Mathematics Education FTK UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jme@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 
Flag Counter