Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Yuyun Sapriandi, M. Win Afgani, Liana Septy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Babat Toman. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posingtipe post solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemampuan berpikir matematis dan kemampuan pengajuan masalah yang baik diperlukan dalam penerapan pembelajran problem posing agar dapat menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian yang lebih lanjut diperlukan

Keywords


Pembelajaran problem posing, post solution posing, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Aprillia, U. D., Syahlan, & Hasratuddin. (2020). Pengaruh contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa SMA Negeri 04 Tebing Tinggi. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 1–7. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/420

Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 135–143.

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Izzatul, W., & Istiqlal, M. (2019). Keefektifan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 78–85. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.12695

Khotimah, R. P., & Masduki, M. (2016). Improving teaching quality and problem solving ability through contextual teaching and learning in differential equations: a lesson study approach. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1791

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Nicolaou, A. A., & Xistouri, X. (2011). Field dependence / independence cognitive style and problem posing : an investigation with sixth grade students. Educational Psychology, 31(5), 611–627. https://doi.org/10.1080/01443410.2011.586126

Nuralam, & Gadeng, T. (2018). Kualitas Hasil Belajar Statistika Siswa MTs yang dibelajarkan dengan Pendekatan Problem Posing. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 88–99. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5744

OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan belajar di rumah (BDR) secara online selama darurat covid-19 di SMP N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Masmedia Buana Pustaka.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Wulandari, H., Susanta, A., & S, M. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.1-7

Xu, B., Cai, J., Liu, Q., & Hwang, S. (2019). Teachers ’ predictions of students ’ mathematical thinking related to problem posing. International Journal of Educational Research, 04, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.04.005

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemechana masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.12810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter