Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung

Pika Merliza

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep matematia yang terdapat pada permainan tradisional masyarakat Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan studi pustaka. Permainan tradisional yang dieksplorasi ialah ketekhan, bedil betung, bedil locok, arul, min sundung khulah, bledukan dan taplak. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada permainan tradisional masyarakat Lampung ditemukan konsep-konsep matematika diantaranya konsep bilangan, bangun datar, bangun ruang, peluang, jarak dan kecepatan. Permainan tradisional tidak hanya memberikan kesempatan peserta didik untuk bermain dengan bebas dan gembira, juga dapat dijadikan konteks pembelajaran sebagai jembatan pemahaman mengenai konsep matematika


Keywords


Etnomatematika, Permainan Tradisional, Lampung

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in Perspective of Sundanese. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16.

Ambrosio, U. D. (1985). Etnomathematics and its place in history and pedagogy of mathematics, for the learning mathematics.

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Toto Bara Setiawan. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1), 85–94.

Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Dharmamulya, S. (2008). Permainan tradisional Jawa (Cet. 2). Kapel Press Puri Arsita.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Fitriza, R., & Gunawan, I. (2019). Tabuik dalam Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendidikan matematika Realistik (PMR). Math Educa Journal, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.15548/mej.v2i1.31

Fran, K., & Kerkhove, B. Van. (2010). Ethnomathematics and the philosophy of mathematics ( education ). February, 121–154.

Hamzuri, & Siregar, T. R. (1998). Permainan Tradisional Indonesia. Direktorat Permuseuman.

Loviana, S., Islamuddin, A. M., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Merliza, P. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94–110.

Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2016 Dengan Tema: Etnomatematika, Matematika Dalam Perspektif Sosial Dan Budaya.

Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi Refleksi dalam Motif Tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117.

Permana, W. H. (2019). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar dan Peluang pada Permainan Tradisional Kebudayaan Korea Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 01(02), 138–150.

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230.

Ralmugiz, U., & Merliza, P. (2020). Desain Pembelajaran Matematika untuk SMK dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Uwais Inspirasi Indonesia.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R.C.I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics : Exploration in Javanese culture Ethnomathematics : Exploration in Javanese culture. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series.

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Conference on University-Community Engagement, 2–5.

Saputro, M. (2018). Ethnomathematics on Dayak Tabun Traditional Tools for School Mathematics Learning. 1(3), 80–86.

Spradley, J. . (2006). Methods Etnografi. Tiara Discourse.

Susanti, E., & Matematika, M. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Operasi Hitung dalam Permainan Tradisional Kempreng. 6(1), 1–8.

Utami, N. W., Sayuti, S. A., & Jailani. (2019). Math and Mate in Javanese Primbon: Ethnomathematics Study. Journal of Mathematics Education, 10(3), 341–356.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Graha Ilmu.

Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education in Indonesia (pp. 325–340). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter