Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau

Arnida Sari, Rena Revita, Suhandri Suhandri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah dalam mengembangkan LKS berbasis saintifik terintegrasi nilai keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Untuk tahap pertama yaitu tahap awal penelitian dilakukan analisis kinerja dan kebutuhan siswa, lalu berdasarkan analisis tersebut dirancang sebuah bahan ajar LKS yang kemudian dikembangkan dan diimplementasikan lalu terakhir diujikan. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh kesimpulan bahwa untuk dapat mengasah kemampuan siswa yang berkarakter sesuai dengan kurikulum 2013, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu memfasilitasi siswa untuk menumbuh dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya sekaligus menumbuhkan karakter positif yang islami. Melalui LKS yang dilandaskan atau didasarkan atas salah satu strategi atau pendekatan yang telah terbukti untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu saintifik yang terintegrasi nilai keislaman, maka diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalahnya. 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk SMA Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.813

Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182–199. https://doi.org/10.29240/jf.v2i2.310

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2), 223–236. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p223-236

Masduki, Khotimah, R. P., Sutarni, S., Toyib, M., & Kholid, M. N. (2015). Integrating Islamic Values in Mathematics Learning: A Strategy of Developing Student’s Character. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 216–232.

Nuralam, N., & Eliyana, E. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 18(1), 64–76. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3085

Permendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016 (KI KD Khusus Matematika). https://erikvalentinomath.wordpress.com/2017/04/21/permendikbud-no-24-tahun-2006-ki-kd-khusus-matematika/

Pradita, L., Wahyudi, & Chamdani, M. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia, 5(4.1), 301–305.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pribadi, B. A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Suherman, E. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta : Kanisius.

Tim MKPBM. (2001). Common Text Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Penidikan Matematika UPI.

Yasri. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami. [Online]. http://bdkpadang.kemenag.go.id.

Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman melalui Pendekatan Kontektual di Provinsi Riau. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 104–118. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.11309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Suska Journal of Mathematics Education (ISSN Print: 2477-4758|ISSN Online: 2540-9670)


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter