Pengaruh Kontrol Diri Rendah terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Remaja

Ummi Aimen, David Hizkia Tobing

Abstract


Di era digitalisasi ini, remaja rentan berperilaku konsumtif. Salah satu faktor yang menyebabkan remaja berperilaku konsumtif adalah rendahnya kontrol diri. Artikel ini akan mencoba untuk membahas mengapa remaja rentan untuk berperilaku konsumtif dan belanja secara online, juga pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif remaja, dalam perspektif teoritis juga berdasarkan hasil dari penelitian serupa. Besarnya jumlah pengguna internet membuat berbagai perusahaan menggunakan internet sebagai wadah untuk memasarkan dan menjual produk mereka. Akibatnya, perilaku belanja mengalami perubahan dari belanja secara konvensional menjadi belanja online. Fenomena online shop dianggap lebih hemat waktu praktis dan dianggap lebih murah, sehingga lebih digemari oleh konsumen. Ciri khas dari belanja online ini dapat memicu perilaku konsumtif terutama bagi remaja

Full Text:

PDF

References


Bush, A. J., Martin, C. A., & Bush, V. D. (2004). Sports celebrity influence on the behavioral intentions of generation y. Journal of Advertising Research, 44(1), 108–117. https://doi.org/10.1017/S0021849904040206

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Heni, septi anugrah. (2013). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Syukur Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Sma It Abu Bakar Yogyakarta. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).

Indonesia, A. P. J. I. (2018). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii.

Nam, L. G., & Dân, H. T. (2018). Impact of social media Influencer marketing on consumer at Ho Chi Minh City. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(5), 4710–4714. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i5.10

Nurwidawati Pandu, D. M. (2015). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., Vol 3, No 3 (2015): Character : Jurnal Psikologi Pendidikan, 1–5. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10942

Opreana, A., & Vinerean, S. (2015). A New Development in Online Marketing Introducing Digital Inbound Marketing. Expert Journal of Marketing, 3(2), 35–50.

Renaldy, M., Santia, dewi R., & Hidayatullah, dan M. S. (2018). Konsumen Online Shop Melalui Sosial Media Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi the Relationship Between Self-Control and Consumptive Behavior of Online Shop-Through-Social Media Consumers. 1, 94–97.

Santrock, john w. (2013). ADOLESCENCE (15th ed.). mc graw hill education.

Tripambudi, B., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Empati, 7(2), 189–195.

Wahyudi. (2013). Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza. EJournal Sosiologi, 1(4), 26–36. https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id/site/?p=613

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta

A.S, Munandar. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : UIGhufron & Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.

Brown Duncan & Hayes, Nick. 2008. Influencer Marketing, Who really influences your customers. UK: Elsevier Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i2.9930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : PSIKOBULETIN : BULETIN ILMIAH PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.