Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan

Asfiati Asfiati, Nur Imam Mahdi

Abstract


Pemerintah melakukan perubahan pendidikan yaitu adanya Merdeka Belajar. Merdeka Belajar diharapkan dilaksanakan oleh semua jenis pendidikan termasuk anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan penuh untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Fokus penelitian ini yaitu sistem zonasi sebagai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan asesement kemampuan minimum serta survey karakter. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Sumber data sekunder adalah 5 orang guru dan siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi, dokumentasi. Data dianalisa dengan teknik interaksi melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem zonasi PPDB telah dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan sebagai bukti mendukung program pemerintah. PPDB melalui jalur zonasi 50 % terdiri dari 10 siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Adit, A. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajar”, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Gebrakan ‘Merdeka Belajar’, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem”,. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/13/17485331/un-tidak-dihapus-tapi-

Anggito, Albi & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (p. 268). Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+sugiyono&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwio3KSekfzgAhXGXCsKHSmxAdgQ6AEINTAD#v=onepage&q=metode penelitian sugiyono&f=false

Ariyanti. (2020). Wawancara, Ketua Yayasan.

Asfi Manzilati. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi (p. h.11.). Universitas Brawijaya Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=7FlVDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=subyek+dan+obyek+penelitian&ots=Y57y9h_rf_&sig=DIZKusqDHiczY9UXiM2idssh6nI&redir_esc=y#v=onepage&q=subyek dan obyek penelitian&f=false

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Sambira, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Paud Dalam Menyusun Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus Di PAUD Permata Bunda. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 95–100. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.287

Edaran, S. M. N. 14 T. 2019. (2019). Format RPP. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Hamzah, S. I., Djuko, R. U., & Juniarti, Y. (2020). Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus ( Abk ) Strategi Yang Dapat Membuat Peserta Didik Nyaman Dalam Mengikuti Proses. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 109–123.

Harahap, S. E. (2020). Wawancara, Pengawas Yayasan.

Ihwanuddin. (2020). Wawancara, Orang tua siswa.

Indah, D. S. S. K. (2020). Dokumetasi.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Sekretaris Negara Republik Indonesia (Vol. 19, Issue 8). https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Luthfiyah, M. F. &. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus (p. 234). Jejak.

Maharani, L. (2020). Wawancara, Sekretaris Yayasan.

Marlina. (2015). No Asesemen Anak Berkebutuhan Khusus Pendekatan Psikoedukasional. UNP Press Padang.

Matondang, N. (2020). Wawancara,Guru SLB Kumala Indah kota Padangsidimpuan.

Muhajir, Almaidah. Kurni, Y. (2019). Analisis Isi Pesan Pidato Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Dalam Memperingati Hari Guru.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Nana, A. F. &. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Berbantuan Model POE2WE. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nasution, D. S. (2020). Wawancara, Guru SLB Kumala Indah kota Padangsidimpuan.

Nehru, N. A. (2019). Asesmen Komptenesi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak dan Problem Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nursyaidah. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian (p. h.153).

Nuryaningsih. (2020a). Wawancara, Kepala Sekolah.

Nuryaningsih. (2020b). Wawancara, Pembina Yayasan.

Qomarudin, M., Basir, M. A., & Indah, D. (2019). Model Kolaborasi Identifikasi Dini Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Untuk Menunjang Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. Sendika, 3(November), 91–100.

Rizki Amalia & Ulva, M. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( Autisme) di Sekolah Inklusif. Journal On Teacher Education, 1(2), 9–19.

Sayekti, K. I. (2020). Wawancara, Bendahara Yayasan.

Situmeang, N. (2020). Wawancara, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum.

Soleh, S. H. (2020). Wawancara, Kepala Sekolah SLB Kumala Indah kota Padangsidimpuan.

Tambunan, H. Y. (2020). Wawancara guru SLB Kumala Indah kota Padangsidimpuan.

Tohir, M. (2019). Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–21.

Wahdan Nadjib Habibi, S. N. F. (2019). Persepsi Masyarakat dan Dampak Sistem Zonasi Untuk Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Proceedings of the 20th USENIX Security Symposium, 6(2), 395–410. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.10151




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.