Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19

Laode Anhusadar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kuliah online, untuk mengetahui bentuk-bentuk aplikasi yang digunakan dalam kuliah online dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kuliah online. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif, sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PIAUD semester 4 IAIN Kendari. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Temuan dalam penelitian ini adalah tempat yang biasa untuk kuliah dari 60 orang mahasiswa sebanyak 53 atau 88,3 % yang menjawab di rumah, sebanyak 2 orang Mahasiswa atau 3,3% yang menjawab di kebun dan sebanyak 5 mahasiswa atau 8,3% yang menjawab di rumah keluarga atau tetangga yang bagus jaringan internetnya. Mahasiswa menggunakan alat alektronik untuk mengikuti kuliah online adalah HP dan laptop. Aplikasi yang disuka dalam kuliah online, sebanyak 56 mahasiswa atau 91,8% mahasiswa memilih aplikasi Whatsapp group, sebanyak 4 mahasiswa atau 6,5% mahasiswa memilih aplikasi zoom dan sebanyak 1 mahasiswa atau 1,6% mahasiswa memilih aplikasi email. Ketika ditanyakan kepada mahasiswa sejauhmana materi yang disampaikan melalui perkuliahan online dapat anda pahami oleh mahasiswa sebanyak 1 mahasiswa menjawab sangat dipahami, sebanyak 23 Mahasiswa menjawab dipahami, sebanyak 34 mahasiswa menjawab kadang-kadang dipahami dan sebanyak 4 mahasiswa menjadab tidak dipahami. Mahasiswa secara kesuluruhan atau 100% memilih kuliah tatap muka dibandingkan dengan kuliah online.


Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.

Anhu, L. O. A. (2012). PENGARUH METODE MENGAJAR DAN INTENSITAS ASESMENT GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PAI (STUDI EX POST FACTO DI KELAS 1 SDN 1 POASIA KOTA KENDARI TAHUN 2011). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 114-126.

Andika Prajana. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

BPS Provinsi Sultra. (2019). banyaknya-desa-kelurahan-menurut-keberadaan-base-transceiver-station-bts-sinyal-telepon-seluler-dan-sinyal-internet-gsm-atau-cdma-2018. Retrieved from https://sultra.bps.go.id/statictable/2019/01/07/1372/banyaknya-desa-kelurahan-menurut-keberadaan-base-transceiver-station-bts-sinyal-telepon-seluler-dan-sinyal-internet-gsm-atau-cdma-2018.html

cnbcindonesia. (2020). google-larang-karyawan-pakai-aplikasi-zoom-buat-rapat-online. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200409083234-37-150763/google-larang-karyawan-pakai-aplikasi-zoom-buat-rapat-online

Edi Firdaus. (2014). Analisis Perilaku Pengguna Sistem “Unikom Kuliah Online” Menggunakan Model Utaut. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(2), 297–310.

Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Efisiensi sistem informasi berbasis online dalam pengumpulan rpkps mata kuliah Untuk pengembangan kompetensi program studi. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i1.621

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 205. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.260

Hermansyah, F. I. (2020). Pengambilan Kebijakan oleh Swedia dan Indonesia terhadap Pandemi Covid-19. Journal of Virology, 1–14.

IAIN Kendari. (2020). surat edaran rektor tindak lanjut kebijakan pencegahan. Retrieved from http://iainkendari.ac.id/content/detail/surat_edaran_rektor_tindak_lanjut_kebijakan_pencegahan

Indiati, I. (2008). Keefektifan strategi Pembelajaran Kooperatif dan Problem Posing dengan Kombinasi Tutorial Online untuk meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Fisika Dasar. Pendidikan. Jurnal Media Penelitian, 2(2), 214–225.

Kemenag. (2020). Surat Edaran. Retrieved from https://adminku.kemenag.go.id/public/data/files/users/1/files/Surat Edaran 26-Mar-2020 12-27-27.pdf

La Ode Anhusadar; Islamiyah. (2019). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER ), 1(2), 55–61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan e-Learning sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005), 2005(Snati), 8.

Nailul Mona. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious ( Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia ) Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125.

NEXTREN. (2020). 3-aplikasi-untuk-kuliah-online-selama-masa-karantina-virus-corona? Retrieved from https://nextren.grid.id/read/012065339/3-aplikasi-untuk-kuliah-online-selama-masa-karantina-virus-corona?page=all

Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri.

Saputro, F. B., Somantri, M., & Nugroho, A. (2017). Pengembangan Sistem Kuliah Online Universitas Diponegoro Untuk Antar Muka Mahasiswa Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Pengembangan Sistem Kuliah Online Universitas Diponegoro Untuk Antar Muka Mahasiswa Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android, 19(1), 15–21. https://doi.org/10.12777/transmisi.19.1.15-21

Sofiana, N. (2015). Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening. Nina Sofiana, 12(1), 2088–3102.

Solichin, A. (2009). Mengukur Tingkat Kenyamanan Penggunaan Sistem E-learning Moodle dalam Proses Knowledge Sharing : Studi Kasus di Universitas Budi Luhur. Budi Luhur Information Technology (BIT), 6(1), 43–50.

tekno.tempo.co. (2020). wabah-corona-bikin-unduhan-aplikasi-zoom-naik-1-270-persen/. Retrieved from https://tekno.tempo.co/read/1324176/wabah-corona-bikin-unduhan-aplikasi-zoom-naik-1-270-persen/full&view=ok

Yuberti. (2015). Online Group Discussion pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 145. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.88

Yuliana, E., & Winata, A. (2009). Persepsi mahasiswa terhadap tutorial online mata kuliah pengelolaan wilayah pesisir dan laut (Kasus: Program magister manajemen perikanan Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 10(2), 118–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.