Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menari Pada Kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan

Khotimatul Majdah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan Kinestetik anak usia dini melalui kegiatan menari pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan dengan jumlah 13 orang anak yang  dilaksanakan pada semester II T.A 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas partisipan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari Pra Siklus, Siklus pertama dan Siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil observasi selama penelitian. Pada pra siklus 23,1%, siklus I meningkat menjadi 38,5% dan siklus II menjadi 84,6%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia dini pada kelompok B yang dilakukan melalui kegiatan menari.


Full Text:

PDF

References


Cambell, Linda dkk (Bruce Campbell&Dee Dickinson), (2006), Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Jakarta: Intuisi Press.

Musfiroh, Tadkiroatun, (2008), Cerdas Melalui Bermain, Yogyakarta.

Madyawati, Lilis, (2016), Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta: Kencana.

Masganti, (2015), Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.

Fadillah, (2012), Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.