Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak

febrialismanto febrialismanto, Hidayatun Nur

Abstract


The progress of the era is recognised by the development of Technology and Information. Almost everyone uses technology and information in their lives. The use of Technology and Information has entered the world of education. The teacher has a big role to use technology and information in learning. The purpose of this study was to determine the ability of teachers to use ICTs for development in kindergartens, Riau Province. In kindergarten there is a development that should get attention in learning that is cognitive, language, physical, social & emotional, religious & moral values, and art. From the research results, it can be seen that teachers use Technology and Information for development is still low. Besides that the use of ICTs makes teaching materials, change learning, store materials and learning outcomes, communicate learning materials and results, and disseminate information on materials and learning outcomes of teachers are categorized into the low category.

Kemajuan zaman ditandai dari berkembangnya kemajuan dalam Teknologi dan Informasi. Hampir semua orang menggunakan Teknologi dan informasi dalam semua pada saat ini dalam kehidupannya. Penggunaan Teknologi dan Informasi sudah masuk dalam dunia pendidikan. Guru memiliki peran yang besar memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampauan guru menggunakan TIK untuk pengembangan di Taman Kanak-Kanak di Provinsi Riau. Di Taman Kanak-kanak ada pengembangan yang harus mendapatkan perhatian dalam pembelajaran yaitu kognitif, bahasa, fisik motorik, sosial & emosional, nilai agama & moral, dan seni. Dari hasil penelitian dapat diketahui guru menggunakan Teknologi dan Informasi untuk pengembangan masih rendah. Disamping itu Penggunaan TIK membuat bahan ajar, mengubah pembelajaran, menyimpan bahan dan hasil pembelajaran, mengkomunikasikan bahan dan hasil pembelajaran, serta menyebarkan informasi bahan dan hasil pembelajaran guru termasuk dalam kategori rendah.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Kesenjangan Informasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149.

Ahmad, L. F., & Jusniar, H. M. Y. (2014). Pengaruh E-Mail pada Pemberian Tugas dengan Menggunakan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bajeng ( Studi pada Sub . Materi Pokok Hidrolisis Garam ) The Influenced of Email to Present Task with Direct Learning to. 15(2), 1–15.

Ahmadi, D. M. R. (2018). The Use of Technology in English Language Learning: A Literature Review. International Journal of Research in English Education, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.29252/ijree.3.2.115

Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). KOMUNIKASI DIGITAL BERBENTUK MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAGI KEPALA, PUSTAKAWAN, DAN TENAGA PENGELOLA PERPUSTAKAAN (Studi Kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208. Retrieved from journdharmakarya/article/viewFile/11437/5233al.unpad.ac.id/

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Cahyono, G. H. (2012). Mengenal & Menggunakan Google Drive. Forum Teknologi, 03(1), 43–48. Retrieved from http://www.cloudindonesia.or.id/mengenal-menggunakan-google-drive.html

Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 2(2), 184–192. Retrieved from http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel %26 Jurnal/Inovasi Dalam Pendidikan/Teknologi Komunikasi.pdf

Delgado, A. J., Wardlow, L., McKnight, K., & O’Malley, K. (2015). Educational technology: A review of the integration, resources, and effectiveness of technology in K-12 classrooms. Journal of Information Technology Education: Research, 14(2015), 397–416. https://doi.org/10.28945/2298

Febrialismanto, & Hukmi. (2018). Perbedaan Kompetensi Profesional Guru PG PAUD Kabupaten Siak Dengan Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 7(1), 61–68. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/5114/4793

Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat. 19(2), 148–152. Retrieved from Media Sosial, Penyebaran Informasi, UU ITE

Indonesia, P. M. P. dan K. R. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Juraman, S. R. (2014a). Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 309. https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1095

Juraman, S. R. (2014b). PEMANFAATAN SMARTPHONE ANDROID OLEH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI DALAM MENGAKSES INFORMASI EDUKATIF. ACTA DIURNA KOMUNIKASIACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1).

Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Mutia, I. (2016). Pemanfaatan Komputasi Awan (Cloud Computing) Bagi Pembelajaran Mahasiswa Perguruan Tinggi. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30998/string.v1i1.963

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rifauddin, M. (2016). Pengelolaan Arsip Elektronik Berbasis Teknologi. Khizanah Al- Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 168–178.

Rohmiyati, Y. (2018). Analisis Penyebaran Informasi Pada Sosial Media. Anuva, 2(1), 29. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.29-42

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, XVII(2), 59–66. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/download/145/97

Rusi Restiyani, Nengsi Juanengsih, Y. H. (2013). Profil Pemanfaattan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Saida Ulfa. (2016). Pemanfaatan teknologi bergerak sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Edcomtech, 1(1), 1–8.

Setyosari, P. (2015). Tantangan Dan Peran Teknologi Pembelajaran Transformasi Pendidikan Di Era Digital. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 2015, 484–496.

Situmorang, J. (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 77–91.

Trisnani. (2017). PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN WhatsApp Utilization As Media Communication and Satisfaction In Submission of Messages among People of the Community. 6(3), 1–12.

Widayanti, R. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Penyebaran Informasi. Abdimas, 1(2), 81–87. Retrieved from https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2018/08/Pemanfataan-Media-Sosial-untuk-Penyebaran-Informasi-Kegiatan-Sekolah-Menengah-Kejuruan-Pasundan-Tangerang.pdf

Wirastuti, N. M. A. E. D., Hartawan, I. G. A. K. D. D., Suyadnya, I. M. A., & Khrisne, D. C. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Multimedia Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Desa Kintamani Bangli. Buletin Udayana Mengabdi, 17(1), 134. https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i01.p23

Yaumi, M. (2016). TERMINOLOGI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: Suatu Tinjauan Historis. V(1), 191–208.

Zakiah, M., Suyono, & Roekhan. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DI SMA/MA KELAS XI. JOM Bahasa Dan Seni UM, 1(1), 1–9. Retrieved from http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel7FCEEE9CC1FAF56E9B661B2F44619E45.pdf

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KREATIF INOVATIF BERBASIS POTENSI LOKAL Nurul Zuriah 1 , Hari Sunaryo 2 , Nurbani Yusuf 3. Dedikasi, 13, 40. Retrieved from 1693-3214




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.