PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI GUGUS II MELATI KECAMATAN SIMPANG TIGA PEKANBARU

Rahmah Rahmah

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di  gugus II Melati    kec. Simpang Tiga Kota pekanbaru. Penelitian ini dilakukan  melalui metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan  teknik pengumpul data observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa pembelajaran sains mampu membantu guru untuk mengetahui  apa yang anak inginkan dan menjelajah segala apa yang mereka harapkan Hasil penelitian data yang diperoleh adalah Persepsi Guru Tentang Pembelajaran sains di  Gugus II Melati Kecamatan Simpang Tiga Kota Pekanbaru  ditinjau dari aspek study tanaman atau tumbuhan  cukup baik dan mampu menerapkan. Persepsi guru  Terhadap Pembelajaran sains di Gugus II Melati    kec. Simpang Tiga Kota Pekanbaru  ditinjau dari aspek study tentang hewan atau binatang cukup baik akan tetapi masih mengalami kesulitan dalam mengadakan atau mendatangkan kedalam ruang kelas dan minimnya kebun binatang yang akan dikunjungi. Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus Melati   kec. Simpang Tiga Kota Pekanbaru  ditinjau dari aspek study  hubungan hewan dan tanaman cukup baik dan mudah menjelaskannya kepada anak Persepsi guru  Terhadap Pembelajaran sains di  Gugus II Melati  kec. Simpang Tiga  Pekanbaru  ditinjau dari aspek hubungan aspek kehidupan masih dirasa sulit dijelaskan dan menyangkut sesuatu yang sangat kompleks.


Full Text:

PDF

References


Anwar, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:Alfabeta, Departemen Pendidikan Nasional.

Bimo Walgito, 2002, Pengantar Psikologi Umum, Andi Offset,Yogyakarta.

Iqbal Hasan, 2008, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakarta.

Jhon Creswell, 2011, Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan, Pekanbaru, UMRI Press.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jakarta:

Padmonodewo, Soemiarti.2000.Pendidikan Anak Pra Sekolah.Jakarta:Rineka Cipta.

Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Tim Docto Rabbit. 2005. Mengenal Sains. Jakarta: Erlangga For Kids.

Tim Penyusun Fakultas Negeri Padang. 2008. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. UNP.

Slamento , 2003, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya , Jakarta, Rineka Cipta.

Sondang P.Siagian, 2002, Pengantar Ilmu Manajemen , Jakarta.

Sri Ningsih, 2010, makalah seminar, Jakarta.

Winardi, 2004, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta, Raja grafindo persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id


Jurnal Kindergareten Indexed By:

  

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License

KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.