PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK

R. Wardathi Khuzaifah Risman, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap kecerdasan kognitif anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan metode bermain balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B di RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 29 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 46,819 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bermain balok dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bermain balok sebelum dan sesudah terhadap kecerdasan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B di RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebesar 88,78%.

 


Full Text:

PDF

References


Aliyy, Al. (1995). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jawa Barat: CV. Penerbit Diponegoro.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitaif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta : Penerbit Kencana Prenadamedia Group.

Coughlin, Pamela A. (2010). Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak 3-5 Tahun. Washington : Children Resources Internasional.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No. 1 Tahun 2014).

Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Kasmadi, Nia Siti Sunariah. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Latif, Mukhtar dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lili Suryani, (2017). Kepala Sekolah RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, Pekanbaru : Wawancara pukul 09.00 WIB.

Masitoh. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Cetakan Keenam. Jakarta : Universitas Terbuka.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Cetakan Kedua. Jakarta : Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Rineka Cipta.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelligences Anak Usia Taman Kanak-Kanak). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana Pernada Media Group.

Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2015). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Patmonodewo, Soemiarti. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Cetakan Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan & PT. Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasojo, Suminaring. (2010). Permainan Angka dan Logika (Aneka Aktivitas untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia 3-5 Tahun [PAUD]). Yogyakarta : Penerbit Diva Press.

Sari Widyastuti, Diah. (2015). Permainan Balok Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kognitif Anak (Penelitian Pada Kelompok B TK Pertiwi Mlese Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2014/2015). Surakarta: Skripsi Mahasiswi Universitas Muhammadiyah.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. (2005). Metode Pengembangan Kognitif. Cetakan Kedua. Jakarta : Universtas Terbuka.

Susanti, Yessi. (2012). Pengembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Balok di TK Nurul Islam Muaro Sentajo. Pekanbaru : Skripsi Mahasiswi STKIP Aisyiyah Riau.

Syah, Muhibbin. (2014). Telaah Singkat Perkembangan Didik. Cetakan Kesatu. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Triharso, Agung. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : Penerbit Andi (CV. Andi Offset).

Umama. (2007). Checklist Indikator Perkembangan Anak 0-6 Tahun. Rumah Inspirasi : Pusat Kurikulum Diknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id


Jurnal Kindergareten Indexed By:

  

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License

KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.